Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar Jejawenan, Bukti Peduli melestarikan Kebudayaan Jawa.

  • Jumat 27 Mei 2016 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1694
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Yogyakarta – Mall identik dengan budaya popular namun event JEJAWENAN yang digelar oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta sangat berbeda. Mereka memboyong tari-tarian Jawa beserta filosofinya menjadi tontonan yang khas anak muda.

Acara yang dihelat di Jogja City Mall (13/5/2016) sejak sore hingga malam hari,,menurut ketua panitia Septyan Harpin Wahyu Putri acara ini mengangkat bagaimana kebudayaan Jawa bukan hanya mengenai tari-tarian tetapi juga filosofinya.  “Kami ingin bagaimana kebudayaan Jawa mampu hadir dalam kehidupan sehari hari, banyak filosofi yang patut untuk diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Jawa pada umumnya,” paparnya.

Berada di outdoor stage Jogja City Mall, acara ini menampilkan beberapa band yang membawakan lagu campur sari yang di aransement dengan aliran jazz bossanova. Tak hanya band, JEJAWENAN ini juga mengetengahkan  tarian-tarian Jawa, dan sendratari Ramayana yang dipadukan dengan teknologi videotron. Perpaduan lighting yang memukau serta talkshow menarik membuat acara ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pengunjung. Untuk menambah pengetahuan tentang budaya Jawa JEJAWENAN menyajikan talk show bersama Mbok Beruk dan Dra Suyami, M. Hum dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta. Talkshow bertajuk “Nguri-Nguri Kabudayan Jawa” ini mampu menghadirkan diskusi yang menarik tentang filosofi Jawa.

Lebih lanjut, Septyan mengatakan kesempatan menggelar event tersebut merupakan hasil perencanaan dan pelaksanaan program Marketing Public Relations yang menjual dan memublikasikan jasa pariwisata budaya Jawa yang hampir tidak disenangi oleh generasi muda.  Bagi mereka yang tergabung dalam kelompok Nusantara ini adalah bentuk sumbangsih kepada Indonesia khususnya budaya Jawa. “Diharapkan para tamu undangan dan penonton akan lebih paham dan mencintai mengenai kebudayaan Jawa, sehingga budaya ini tidak hilang tergerus jaman dan mampu menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat,” tutur narasumber.

Event ini merupakan perwujudan dari evaluasi akhir mata kuliah Marketing Public Relations yang diasuh oleh Dr. Puji Lestari,SIP,M.Si. Tujuan pemberian tugas ini agar mahasiswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk menyelenggarakan sebuah event bekerja sama dengan institusi lain dan dipublikasikan. Dampak dari tugas ini ada sekitar 12 event yang terpublikasi dan mewarnai media massa dan media sosial akhir-akhir ini. Paling tidak public tahu bahwa mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta memiliki kreatifitas dan kompetensi mengelola event, meningkatkan jejaring kerjasama dan melakukan publikasi. Semua kompetensi itu akan dibutuhkan pada saat mahasiswa lulus dan bekerja, ujar Bu Puji Lestari sebagai dosen pembimbing.