Mahasiswa Komunikasi UPN Veteran Studi Banding Periklanan di Thailand

  • Senin 08 Agustus 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1601
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Prodi Ilmu Komunikasi khususnya konsentrasi Periklanan akan menggelar acara Studi Ekskursi Goes to Bangkok pada 12-18 Agustus mendatang. Thailand sebagai salah satu kiblat dunia periklanan di Asia Tenggara adalah tempat yang baik bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk belajar dan melihat dari dekat proses kreatif agensi di negara tersebut.

Rencananya, tiga belas mahasiswa dengan tiga dosen akan mengunjungi agensi periklanan Leo Burnett dan Asia Life serta Faculty Communication Arts Chulalongkorn University. Tidak hanya itu, mahasiswa juga melakukan analisa terhadap pemanfaatan iklan pada media luar ruang di pusat Kota Bangkok. Studi Ekskursi dengan tema "Raising Creative Competence through Experience Sharing in Creative toward ASEAN Economic Community Era" tersebut penting karena mahasiswa perlu tahu apa yang menjadi tantangan dan peluang bidang industri kreatif.

Salah satu dosen yang turut mendampingi kegiatan ini M. Edy Susilo, M.Si mengatakan bahwa mahasiswa memang harus banyak diajak belajar di luar melihat bagaimana implementasi teori yang telah diajarkan di kampus. Menurutnya, dunia industri kreatif yang melaju sangat kencang harus segera dilihat sebagai bagian dari dinamika dunia periklanan.

"Apalagi pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN mobilitas pekerja kreatif cukup tinggi sehingga dari sekarang mahasiswa harus menyadari tantangan tersebut," paparnya. Sebagai akademisi, Edy juga ingin melihat bagaimana implementasi kurikulum yang diterapkan Chulalongkorn University sebagai input bagi proses belajar mengajar di tanah air.  Selain Edy, dosen lain yang akan mendampingi adalah Retno Hendariningrum, M.Si serta Kartika Ayu Ardhanariswari, S.Sn, M.Ds.

Wakil Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta, Dr. Ir. Singgih Saptono, MT dalam sambutannya saat pelepasan mahasiswa ke Bangkok pada Rabu (10/8/2016) mengatakan bahwa setelah mengikuti Studi Ekskursi diharapkan mahasiswa dapat menyampaikan ilmunya selama di Bangkok kepada mahasiswa di UPN "Veteran" Yogyakarta lainnya.