MAHASISWA UPNVY MENERIMA BEASISWA DJARUM

  • Kamis 17 November 2016 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1513
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Program Djarum Beasiswa Plus merupakan bentuk konsistensi Djarum Foundation terhadap dunia pendidikan di Indonesia . Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, penerima program Djarum Beasiswa Plus atau disebut Beswan Djarum juga mendapatkan beberapa pelatihan soft skills , yang meiputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, internasional Exposure, serta program Community Empowerment.  Rangkaian pelatihan ini bertujuan agar Beswan Djarum menjadi pemimpin masa depan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Total pendaftar pada tahun ini mencapai 18.607 mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan lolos dalam seleksi administrasi sebanyak 8.559 mahasiswa, dilanjutkan dengan tes tulis yang menghasilkan  1.995 mahasiswa yang lolos. Sampai akhirnya terpilihlah Beswan Djarum 2016/2017 sebanyak 525 mahasiswa. 8 mahasiswa diantaranya merupakan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta, yaitu  Alfiza Danistya Suseno (TM), Christophorus Anang Kusumo (TM), Dayanara Surya (TM), Dinar Kaesti (TM), Jalu Bias Firdausi (TG), Kartika Kharisma Putri (IF), Pangeran Muda Muhammad Ikhbal Rafshanjani (TM), serta Yulia Putri Kartika Permatasari (HI).

Pelatihan soft skills yang pertama yaitu Nation Building dilaksanakan di Semarang pada tanggal 11-15 November 2016. Banyak kejutan yang dihadirkan dalam acara ini diantaranya Talk Show yang dihadiri oleh Rosianna Silalahi sebagai moderator, dan narasumber yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabinet Kerja RI 2014-2019, Bp. DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, lalu Bp. M. Sc, Hasyim Asy’ari yang menjabat sebagai Komisioner KPU yang juga merupakan alumni Beswan Djarum 1993/1994, serta Jewellery designer Amelia Rachim yang juga merupakan alumni Beswan Djarum 2006/2007.

Pada hari keempat, diadakan City trip di Kudus Jawa Tengah  dengan agenda yang pertama mengunjungi pabrik dan kantor pusat Djarum, dilanjutkan dengan megunjungi menara Masjid Kudus  serta belajar membatik di Gor Djarum Kudus. Tiga hari berturut-turut Beswan Djarum berlatih menari, peran, dan paduan suara untuk mempersembahkan puncak acara Nation Building tahun ini yang bertempat di PRPP Semarang pada hari Selasa 15 November 2016 yaitu Pergelaran Seni Malam Dharma Puruhita Beswan Djarum 2016/2017 dengan judul  Gema Bumi Palapa dan sekaligus pengumuman resmi penerimaan Djarum Beasiswa Plus Kepada 525 mahasiswa terpilih. Pada acara ini dihadiri oleh perwakilan jajaran pimpinan Universitas masing-masing. Bp. Dr. Ir. Singgih Saptono, M.T telah hadir dalam acara ini sebagai perwakilan jajaran pimpinan Universitas UPN Veteran Yogyakrta dan bertemu dengan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta penerima Djarum Beasiswa Plus.