BELA NEGARA UNTUK ANGGOTA MAPALA

  • Jumat 18 November 2016 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1333
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Untuk menambah jiwa nasionalisme di kalangan generasi muda telah berlangsung acara  kuliah lapangan  tentang bela negara  kepada para anggota Mapala UPN “Veteran” Yogyakarta di hutan desa Trogo, Tawangmangu , Karanganyar hari Jum’at 18 Nopember 2016. Kegiatan tersebut bertepatan dengan adanya  Basic camping gladi pemantapan anggota baru Mapala angkatan tahun 2016.

            Sebagai narasumber pada kuliah bela negara tersebut Bapak Ir. Bambang Wisaksono, MT Kabid Kejuangan Belanegara LPPM UPN “Veteran’ Yogyakarta . Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Bagian Kemahasiswaan, sedangkan sebagai kata pengantar kuliah tersebut adalah   pendamping Mapala Bapak Drs. Ferhat Supriyadi, MM.

            Dalam ceramahnya  Nara sumber Bapak Bambang Wisaksono menekankan kepada para anggota Mapala agar senantiasa  memiliki rasa bela negara, dalam hal ini diwujudkan  dalam perilaku sikap dan pemikiran selalu mencintai tanah air, sadar berbangsa dan bernegara Indonesia dan berwawasan nusantara, beridiologi Pancasila serta  menghargai kebhinekaan walaupun berbeda-beda suku, agama, ras dan bahasa namun senantiasa  kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sehingga akan terwujud NKRI seutuhnya.

            Lebih lanjut  Bapak Bambang Wisaksono menharapkan agar para anggota Mapala yang baru  agar dapat  selalu menjaga perdamaian, tidak mudah di provokasi dan selalu menhargai pedapat orang lain sebagai wujud berdemokrasi Pancasila. 

Kegiatan kuliah bela negara di lapangan   tersebut, Hal ini berkaitan dengan  upaya  untuk lebih mengenal lingkungan alam, serta upaya pelestarian lingkungan agar selalu terjaga  hutan yang  hijau, asri dan tidak  mengalami pembalakan liar serta penggundulan hutan.