Mengenal Kearifan Lokal Melalui International Community Outreach

  • Selasa 18 Juli 2017 , 12:00
  • Oleh : Dewi
  • 1401
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

GUNUNG KIDUL – Sebanyak 15 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat International Community Outreach di Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, Selasa (18/7/2017). International Community Outreach merupakan kegiatan yang diselenggarakan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Kegiatan ini diikuti oleh 3 mahasiswa asing dari Hungaria dan Thailand serta mahasiswa UPNVY dari berbagai disiplin ilmu. Mereka tergabung dalam lingkungan multi-nasional, multi-budaya, dan multi-disiplin untuk merancang solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi masyarakat. Selain belajar berinteraksi dengan penduduk setempat, mereka juga mempelajari budaya dan kearifan lokal dengan berkunjung ke sentra kerajinan.

Kartika Ayu Ardhanariswari, S.Sn, M.Ds, salah seorang fasilitator mengatakan seluruh peserta dilibatkan secara aktif di semua program. Mereka juga didekatkan dengan atmosfir budaya masyarakat setempat dengan menginap di rumah-rumah penduduk.

“Para peserta menginap di rumah penduduk agar bisa merasakan suasana asli dan dapat berinteraksi dengan induk semang,” ujarnya saat ditemui di sela-sela lokasi.

Di tempat berbeda, Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPNVY, Dr.Ir.RR.Rukmowati Brotodjojo,M.Agr mengatakan selain memberikan pengalaman bagi mahasiswa, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman keragaman kehidupan antara Indonesia dan negara mereka.

“Kegiatan ini akan memperkaya pengetahuan dan wawasan budaya mereka. Para peserta juga diberi kesempatan untuk belajar budaya Jawa melalui pemahaman budaya dan belajar bagaimana membuat lukisan batik,” ujarnya.

Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 17 – 21 Juli 2017. Sebelumnya di hari pertama pembukaan program para peserta diberikan pembekalan awal tentang program kegiatan. Para siswa juga akan berkunjung ke pusat-pusat budaya yang ada di Yogyakarta, diantaranya Kraton, Borobudur, Taman Sari, Kota Gede, Ulen Sentalu, Gunung Merapi dan tempat bersejarah lainnya. (wwj/humas)