PackingList Meriahkan Pimnas Investment Summit 2016

  • Kamis 18 Agustus 2016 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1925
  • 4 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

PackingList merupakan start up usaha hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) UPN "Veteran" Yogyakarta. Usaha berbasis website ini menggunakan konsep one stop shopping khusus perlengkapan traveling yang ringkas dan praktis.

Belum lama Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIX Tahun 2016 diselenggarakan. Ratusan mahasiswa perwakilan universitas di seluruh Indonesia berdatangan ke Dramaga Bogor untuk mengikuti perhelatan ilmiah mahasiswa terbesar tingkat nasional. Tahun ini Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah Pimnas selama lima hari dari tanggal 8-12 Agustus 2016.

Rangkaian acara Pimnas sebagai babak akhir perlombaan karya ilmiah mahasiswa di tingkat nasional turut dimeriahkan oleh Pimnas Investment Summit (PIS) 2016 bertempat di Gymnasium IPB. PIS merupakan pameran seleksi hibah PKM Dikti (non-Pimnas) dari setiap universitas atau institusi partisipan. Tahun 2016 menjadi kali pertama PIS dilangsungkan untuk mempertemukan mahasiswa penghasil produk kreatif dan inovatif dengan para pelaku usaha. Hal ini bertujuan membuka peluang untuk dikomersialisasi dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat luas.

Tidak semua peserta PKM non-Pimnas dapat mengikuti PIS 2016 pada tanggal 9-10 Agustus 2016. Ketua pelaksana PIS, Syarifah Iis Aisyah, dengan media lokal Bogor mengatakan 68 kelompok peserta PIS kali ini merupakan kelompok terpilih karena telah diseleksi terlebih dahulu oleh perguruan tinggi masing-masing. Hal ini dikonfirmasi oleh Dr. Puji Lestari, M.Si selaku dosen pendamping kelompok kewirausahaan “PackingList” dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

“Setiap universitas hanya boleh mengirimkan satu kelompok terbaik. Dari belasan kelompok PKM yang lolos pendanaan Dikti di universitas kami, Tim PackingList memenuhi syarat dan terpilih untuk ikut serta dalam Pimnas Investment Summit 2016,” ujar Puji Lestari yang dihubungi usai acara.

Kegiatan baru pendamping Pimnas ini dinilai Puji sangat bermanfaat. Menurutnya, mahasiswa dapat berperan dalam peningkatan atmosfer akademik dan jejaring di tingkat nasional. “Mahasiswa semakin terbuka wawasannya mengenai kreativitas dan usaha-usaha peningkatan khususnya kewirausahaan. Hal tersebut dapat menjadi bekal ketika lulus sarjana. Jangan hanya mencari pekerjaan, sebaliknya, mencari karyawan,” jelas Puji.

Dalam Pimnas Investment Summit (PIS) 2016 Puji mendampingi kelompok mahasiswa “PackingList” yakni start up bisnis perlengkapan berkemas melalui website http://packinglistid.wix.com/pcid dengan tagline “smart people, pack simple”. Tim yang terdiri dari Prama Yogi (Ilmu Komunikasi/2012), Medha Zeli Elsita (Ilmu Komunikasi/2012), Muhammad Kholid Arofi (Ilmu Komunikasi/2012), dan Achsanul Akbar (Manajemen/2014) hadir mewakili Tim PKM UPN “Veteran” Yogyakarta. Prama Yogi sebagai ketua mengemukakan ini adalah pengalaman pertama bagi “PackingList” mempromosikan produk offline dengan menggelar usahanya di tingkat nasional.

"Ini adalah kali pertama kami menggelar dagangan di tingkat nasional. Sebelumnya, kami bekerjasama dengan beberapa drop shipper di Indonesia dalam menyediakan barang-barang traveling. Sebenarnya PackingList mengusung konsep one stop shopping dalam website, jadi para traveler dapat menemukan kebutuhan perlengkapan berkemasnya hanya di PackingList," ujar Prama Yogi.

Konsep ini dinilai menarik oleh Dr. Zaenal Abidin, S.Si., M.Agr., salah satu Dosen Institut Pertanian Bogor yang mengunjungi booth “PackingList”. Peneliti Ehime University Jepang ini mengemukakan harapannya agar “PackingList” mampu bersaing di start up usaha yang mengandalkan inovasi web digital, "konsep PackingList ini sangat menarik, hanya saja tim harus terus melakukan inovasi agar tidak kalah dengan yang lain," ujar Zaenal.

Booth “PackingList” termasuk salah satu booth yang ramai dikunjungi. Beberapa produk unggulannya seperti mini iron, microfiber micro terry towel, inflatable pillow set, folding hanger, dan magic towel habis terjual selama dua hari. Pengunjung yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dosen, peneliti, pengusaha, masyarakat umum, hingga investor datang untuk menjawab rasa penasaran mereka akan produk-produk “PackingList”. Bahkan, beberapa investor mulai melirik konsep “PackingList” dan menawarkan kerjasama.

IDENTITAS PENGIRIM

Nama                           : Medha Zeli Elsita

Program Studi             : Ilmu Komunikasi / Jurnalistik

Fakultas                       : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas                  : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

Alamat                        : Perumahan Pilahan Asri I/59 Kotagede Yogyakarta

No HP                         : +628112576376