RANGKAIAN DIES NATALIS KE-64, UPNV YK GELAR DONOR DARAH

  • Minggu 11 Desember 2022 , 03:23 AM
  • Oleh : Dewi
  • 411
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) menggelar donor darah di Dekanat Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Kamis (8/12/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis Ke-64 UPNV YK.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dies Natalis UPNV YK Ke-64, Dr. Joko Waluyo., SE., M.Si mengatakan peserta donor darah adalah sivitas akademika UPNV YK mulai dari mahasiswa, dosen, hingga pegawai.

Joko mengatakan antusiasme dari civitas akademika UPNV YK untuk donor darah sangat tinggi. Terbukti dari target 100 kantong darah, capaiannya 180 kantong darah.

"Jumlah kantong darah yang terkumpul 180. Antusiasme sangat tinggi karena mulanya kami hanya menargetkan 100 kantong," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan keluarga besar UPNV YK semakin sadar pentingnya berbagi."Setetes darahmu sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Ini menjadi wujud kepedulian kepada sesama," kata Joko.

Kegiatan donor darah di lingkungan kampus menjadi wujud solidaritas. Menumbuhkan kepedulian kepada sesama tanpa mempedulikan suku, agama, dan ras.

Sebagai kampus bela negara, keluarga besar UPNV YK harus mewujudkan cintanya kepada tanah air melalui semangat rela berkorban. Donor darah, kata Joko, menjadi salah satu wujud nyata bela negara.

"Semangat bela negara warisan pendiri UPNV YK ini jangan pernah ditinggalkan. Kegiatan ini menjadi momentum menyadarkan masyarakat, khususnya di lingkungan kampus untuk donor darah," ucapnya.

Joko menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia dan meluangkan waktunya untuk donor darah. Dia berharap agar kegiatan donor darah bisa menjadi bagian dari gaya hidup.

Lebih lanjut dia mengatakan, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima donor, namun juga bagi pendonor. Sebelum donor darah akan dilakukan pemeriksaan kondisi calon pendonor, sehingga potensi penyakit bisa terdeteksi.

"Itu hanya salah satu manfaat, masih banyak manfaat lainnya. Jika masyarakat sudah paham manfaat dari donor darah mereka akan secara rutin, sehingga pasokan darah bisa terpenuhi."

Previous Next