Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Lepas Mahasiswa Peserta PMM MBKM

  • Senin 17 Januari 2022 , 02:51 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1441
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) Prof. Dr. Irhas Effendy melepas mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pelepasan digelar di Ruang Seminar Frederick Arilasut, lantai 3   Gedung Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta, Senin (17/1/2022). Acara ini  dihadiri mahasiswa program PMM, Para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro dan PIC PMM. Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Peserta PMM telah belajar di UPNVY selama enam bulan pada 2021 lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digulirkan Kemendikbudristek RI.

"Menjadi kebanggaan tersendiri bagi UPNVY dan apreasiasi tinggi karena mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka ini selama enam bulan," ungkapnya.

Keberagaman kampus UPNVY diharapkan memberikan warna tersendiri bagi mahasiswa yang mengikuti PMM. Apalagi  UPNVY selama ini dikenal sebagai Kampus Bela Negara.

Program pertukaran mahasiswa ini sangat penting. Mahasiswa dari banyak perguruan tinggi bisa saling mempelajari keunggulan yang dimiliki kampus-kampus lain.

"Kami selalu menggunakan pemahaman bahwa setiap kampus atau institusi punya perbedaan dan keunggulan. Maka pertukaran mahasiswa sangat penting dalam memberi warna. Mudah-mudahan yang beda di UPNVY bisa dipahami, dipelajari dan menjadi insiprasi bagi semua serta memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa," ungkapnya.

Oliver Samuel Simanjuntak, S.Kom., M.Eng., selaku  Koordinator PMM MBKM UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan  pelaksanaan PPM dimulai 18 Agustus 2021 lalu. Program yang dilaksanakan di UPNVY ini rencananya akan berakhir pada akhir Januari 2022 mendatang.

"Pada hari ini ada 37 mahasiswa yang mengikuti PMM yang telah melaksanakan perkuliahan di UPNVY, baik secara daring maupun luring. Dan melakukan refleksi dan inspirasi," jelasnya.

Previous Next