REKTOR UPN VETERAN YOGYAKARTA TANDAI BATU PERTAMA PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM RISET TERPADU UPN 'VETERAN' YOGYAKARTA

  • Rabu 15 Februari 2023 , 09:46
  • Oleh : Dewi
  • 2427
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA – Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si menandai peletakan batu pertama pembangunan Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPNV YK, Selasa (14/4) di area  halaman gedung yang akan dibangun, disaksikan civitas akademika UPNV YK.

Rektor UPNV YK Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si mengatakan pembangunan Gedung Laboratorium Riset Terpadu ini merupakan perjuangan bersama melibatkan banyak pihak. Pembangunannya diharapkan akan tepat kualitas dan tepat fungsi.

Rektor menambahkan keberadaan Gedung Laboratorium Riset Terpadu UPNV YK akan mendukung kegiatan belajar mengajar, serta mendorong riset yang semakin berkualitas. Dimana riset memiliki peranan penting dalam kemajuan UPNV YK.

Gedung Laboratorium Riset Terpadu akan bernuansa smart campus dan smart building. Juga mendukung terciptanya kampus sehat dengan memperhatikan Sustainable Development Goals (SDGs).

"Laboratorium ini memiliki dua fungsi internal dan eksternal. Mendukung pembelajaran, riset, dan pelayanan masyarakat. Kami berharap benar-benar tepat fungsi sebagai Laboratorium Riset Terpadu," ucapnya Selasa, (14/2/2023).

Ia meminta gedung baru ini bisa rampung sesuai target yang telah ditentukan. Sehingga bisa tepat administrasi sebagai pertanggungjawaban penggunaan uang negara.

"Apabila dalam perjalanannya ditemui kendala, mudah-mudahan bisa ditangani. Sebagai kampus bela negara, nuansa tersebut akan melekat dalam bangunan gedung ini, sebagai kampus yang diwariskan para pejuang," kata Irhas.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) UPNV YK, Drs. Setyo Budi Takarina, M. Pd menyampaikan sumber pendanaan Laboratorium Riset Terpadu ini dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pembangunannya akan dimulai pada 20 Februari 2023 menelan dengan anggaran Rp55,77 miliar.

Waktu pengerjaanya akan memakan waktu 180 hari, sehingga diperkirakan pada 18 Agustus 2023 sudah rampung. Dia juga berharap agar pembangunannya bisa selesai sesuai dengan kesepakatan yang telah terjalin dengan PT. Permata Anugerah Yala Persada.

"Kami meminta agar pembangunan bisa tepat mutu, tepat waktu, administrasi dan tepat harga. Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) di tanggal 20 Februari 2023."

Sementara itu dari pihak Kontraktor Pelaksana, Ulil Ikhsan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan UPNV YK untuk membangun Gedung Laboratorium Riset Terpadu. Amanah yang diberikan akan dijaga dengan merampungkan pembangunan gedung dengan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat biaya.

"Kami akan menjaga amanah ini, waktu pembangunanya 180 hari enam lantai. Insyaallah kami bersama tim sudah berpengalaman. Kami akan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh," ungkapnya.