Seminar Geologi UPNYK 2024: Mendorong Kemajuan Geosains Menuju Visi Indonesia Emas 2045

  • Selasa 07 Mei 2024 , 08:05
  • Oleh : Admin
  • 414
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknologi Mineral (FTM) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menyelenggarakan Seminar Nasional Teknik Geologi 2024. Mengusung tema "Pengembangan Geosains untuk Akselerasi Indonesia Emas 2045", seminar yang menghadirkan para pakar geosains, akademisi, mahasiswa, serta praktisi dari seluruh Indonesia ini berlangsung di Grand Rohan Hotel Yogyakarta, 7 Mei 2024
Berbagai pihak terkemuka ikut mendukung berlangsungnya seminar ini, Lembaga ahli seperti Geosains Delta Andalan Consulting, Pusat Studi Mineral dan Energi (PSME) UPNVY, Rizqu Konsultan, Antam unit Geomin, Geo Dipa Energi, dan Museum Purbakala Bumiayu Brebes turut memastikan Seminar Nasional Teknik Geologi terlaksana dengan sempurna. Tak sampai disitu, Seminar Nasional kali ini juga bekerjasama dengan beberapa Mitra Media, seperti Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Persatuan Himpunan Geologi Indonesia (PERHIMAGI), Geologinet, dan Geology is Fun!
Dalam sambutannya Ketua panitia, Adam Raka Ekasara mengungkapkan Seminar Nasional Teknik Geologi UPNYK 2024 bertujuan mewadahi diskusi terkait potensi Indonesia dalam bidang sumber daya alam khususnya geologi yang meliputi pengembangan sumber daya alam, pengembangan energi terbarukan, mitigasi bencana, serta mencakup pelestarian lingkungan guna mendukung visi Indonesia Emas 2045. Seminar ini juga menjadi ajang bagi para ahli, akademisi, praktisi, dan mahasiswa menyumbangkan gagasan, ilmu pengetahuan, dan teknologi di bidang geosains melalui presentasi dan publikasi ilmiah.
“Setiap langkah kecil kita, setiap diskusi, dan setiap penelitian di bidang geosains membawa kita lebih dekat menuju Indonesia yang lebih baik. Harapan saya, seminar ini dapat menjadi forum ilmiah yang produktif, menjadi sebuah forum yang dapat mewadahi ide-ide cemerlang dapat bersinar dan untuk membawa dampak positif pada pembangunan bangsa.” ujar Adam Raka
Dalam pelaksanaannya Seminar Nasional Teknik Geologi UPNYK 2024 menerima total 83 abstrak penelitian. Melalui proses seleksi yang cermat, 58 artikel terbaik terpilih untuk dipresentasikan pada puncak acara seminar. Dari total 58 artikel tersebut, 13 artikel membahas geodinamika dan geoheritage, 8 artikel meneliti sumber daya mineral dan batubara, 25 artikel mengkaji geologi teknik dan lingkungan, serta 12 artikel yang menganalisis sumber daya energi.
Sesi presentasi dan diskusi dipandu dengan pakar di bidang masing dan diwarnai dengan antusias penuh peserta seminar. Seluruh artikel yang dipresentasikan sarat akan inovasi dan mampu memberi kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu geosains, dan selaras dengan cita cita Indonesia Emas 2045.
Acara ditutup dengan penampilan “Andang Bachtiar dan Penyelaras”, kelompok musik seorang Geologis Merdeka Andang Bachtiar yang sukses memeriahkan Seminar di akhir acara. Penampilan energik tersebut berhasil menghibur dan menyemarakkan suasana penutupan seminar semakin semarak.
Dalam penutupan Seminar, Panitia penyelenggara menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan acara ini. Diselenggarakannya Seminar Nasional Teknik Geologi UPNYK 2024 tentunya diharap menjadi wadah bagi para pakar geosains, akademisi, mahasiswa, dan praktisi untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman di setiap penyelenggarannya dalam upaya untuk memajukan geosains menyongsong Indonesia Emas 2045.