UPNYK dan UMRAH Tandatangani MoU: Kolaborasi Strategis untuk Pendidikan dan Penelitian

  • Rabu 05 Juni 2024 , 08:27
  • Oleh : Admin
  • 550
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di Gedung Rektorat Kampus Condong Catur UPN “Veteran” Yogyakarta. Nota Kesepahaman ini mengatur dan menegaskan kembali komitmen kedua universitas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta, Prof. Dr. Moh Irhas Effendi, M.Si., dan Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA. Kolaborasi antara Kampus Bela Negara dan Kampus Maritim Teras Negara ini diharapkan dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi kedua institusi, terutama dalam mengembangkan potensi riset dan inovasi di bidang pendidikan.

Wakil Rektor bidang Akademik UPN "Veteran" Yogyakarta Dr. Machya Astuti Dewi M.Si, yang turut menghadiri acara ini menjelaskan berbagai potensi kerja sama kedepannya salah satunya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan menjadi landasan utama dalam pelaksanaan berbagai kegiatan kedepannya seperti Pertukaran Mahasiswa. Lebih lanjut diharapkan juga adanya komunikasi dan koordinasi antar Koordinator beberapa Program Studi dari kedua Kampus  yang berpotensi bekerja sama melalui  mfasilitasi pertemuan daring  Kepala Program Studi terkait dari kedua universitas untuk mengakselerasi kerja sama dan menyatukan tujuan kedua pihak.

Dua Fakultas dari UPN “Veteran” Yogyakarta juga diharap dapat menjadi pilar kunci dalam penelitian bersama antara dua Institusi kedepannya. Fakultas Teknologi Mineral (FTM) melalui Program Studi Teknik Lingkungan diekspektasikan dapat mendukung melalui program preventif dan kuratif untuk lingkungan pasca tambang, terutama Tambang Bauksit yang banyak berada di wilayah kepulauan Riau, menekankan pentingnya pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Fakultas Pertanian (FAPERTA) selanjutnya akan memainkan peran penting dalam upaya reklamasi lahan pasca pertambangan di Kepri. Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki Program Studi Ilmu Tanah yang siap memfasilitasi bukan proses reklamasi lahan pasca tambang agar dapat produktif kembali namun juga sekaligus  ikut mengajak dan mengembangkan masyarakat sekitar.

Tak sampai disitu Kolaborasi antara UPN "Veteran" Yogyakarta dan UMRAH ini tidak hanya terbatas pada bidang Lingkungan saja. Kedua universitas juga berencana mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian di berbagai bidang lainnya.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta , Prof. Dr. Moh Irhas Effendi, M.Si., menyampaikan harapannya agar kerja sama ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan nasional sesuai dengan nama yang disandang oleh UPN “Veteran” Yogyakarta. Rektor berharap Nota Kesepahaman ini dapat menghasilkan kerja sama serta penelitian-penelitian berkualitas yang mampu memberikan solusi atas permasalahan bangsa, seperti di sektor sumber daya alam dan lingkungan,

Sejalan dengan itu Rektor Universitas Maritim Raja Ali haji, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA., juga mengungkapkan optimismenya terhadap kerja sama ini. Prof Agung menantikan  kolaborasi  erat antara UPN "Veteran" Yogyakarta dan UMRAH yang dapat menciptakan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia,

Nota Kesepahaman antara UPN “Veteran” Yogyakarta dan UMRAH akan menjadi langkah awal dari serangkaian kolaborasi strategis yang akan dilakukan oleh kedua universitas. Komitmen yang kuat dari kedua belah piha akan menjadi modal awal kerja sama yang diharapkan dapat membawa perubahan positif dan berkontribusi dalam pembangunan negeri. Kolaborasi ini juga menjadi bukti nyata dari peran UPN “Veteran” Yogyakarta  dalam mendukung pembangunan nasional melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

devindraghiffary©