SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER SINAU III

  • Senin 15 September 2014 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2278
  • 3 Menit membaca

Prodi Ekonomi Akuntansi Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Yogyakarta menyelenggarakan Seminar Nasional  dan call for paper SiNAU 3 pada tanggal 4 September 2014 yang diselenggarakan di Eastparc Hotel Yogyakarta. Seminar Nasional UPN “Veteran” SiNAU 3 merupakan implementasi dari kesepakatan kerjasama bidang pendidikan dan penelitian antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Jakarta, UPN “Veteran” Yogyakarta dan UPN “Veteran” Jawa Timur. SiNAU 1 telah dilaksanakan di UPN “Veteran” Jawa Timur pada tahun 2012 telah dilaksanakan di UPN “Veteran” Jakarta pada tahun 2013.

            Seminar Nasional SiNAU 3 yang dibuka oleh Wakil Rektor I  Ir.Nur Indrianti, MT. D.Eng. P.h.D Mengangkat tema “Memperkokoh Perekonomian Bangsa Dengan Transparansi Dan Akuntanbilitas Pelayanan Publik”, bertujuan mengajak para praktisi dan akademisi mencurahkan ide dan hasil pemikirannya terkait dengan tema di atas.

            Pemakalah SiNAU 3 ini dihadiri oleh para praktisi dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Pemakalah dari wilayah paling barat berasal dari Politeknik Negeri Padang sedangkan peserta dari wilayah paling timur berasal dari Universitas Cenderawasih. Jumlah paper yang diterima oleh panitia sebanyak 69 paper. Adapun narasumber sesuai tema di atas antara lain Prof. Dr. Unti Ludigdo (Unibraw), Prof. Dr. Abdul Rohman, M.Si., Ak. (Undip), Dr. Nurdiono, MM., AK., CA., CRS., BAP., Dr. Erna Hernawati, SE., MM., AK., Direktur Mandiri Utama Dua yaitu Drs. Sutoyo, M.Si. dan Direktur PT.Bukit Asam.

            Seminar Nasional SiNAU 3 ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak antara lain Bank BRI, Tegar TV Lampung, Bank BPD DIY, PT. Mataram City, PT. Surya Utama Kalaka, PT. Mandiri Utama Dua, PT. KAI, BPR Profidana, Times Management Consultant, Nandia Batik, PT. Panen Mas Abadi, Menara Timur Computer dan Bapak H. M.Karim.

Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Muafi, MSi. Dalam sambutannya mengatakan bahwa Fakultas Ekonomi sebagai ,salah satu fakultas di lingkungan UPN “Veteran” Yogyakarta ikut mengemban amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendidik kader-kader pionir pembangunan bangsa, terutama dibidang Ekonomi. Melalui kegiatan Seminar ini Fakultas Ekonomi diharapkan mampu memberikan kontribusi pengembangan ilmu dan pengetahuan, untuk selanjutnya diabdikan kepada masyarakat luas.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I  mengatakan bahwa menyambut baik dilaksanakannya kegiatan seminar dan call for paper yang berkelanjutan ini yang merupakan hasil kerjasama antara tiga perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Kesejahteraan Penddikan dan Perumahan yaitu, UPN “Veteran” Yogyakarta, Jakarta dan Jawa Timur. Kegiatan ini diharapkan menjadi forum ilmiah bagi para akademisi untuk mengembangkan ilmu dan mencari solusi terbaik atas permasalahan yang terjadi pada masyarakat.