Workshop Peningkatan Kualitas Mahasiswa Melalui Program Kreativitas Mahasiswa

  • Rabu 17 September 2014 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 2861
  • 2 Menit membaca

Untuk meningkatkan daya kreatifitas mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta,  telah digelar workshop  peningkatan kualitas mahasiswa di ruang seminar gedung Arie Frederick Lasut  hari Rabu 17 September 2014.

         Acara tersebut dihadiri  sebanyak 560 mahasiswa terbagi dalam dua session, dengan nara sumber Ibu  Dr. Indwiani Astuti Tim reviwer PKM Ditlitabmas dari Fakultas kedokteran UGM.

Dalam ceramahnya   ibu Indiwani Astuti  mengatakan bahwa Lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki  academic Knowledge, Skill of thingking, management skill, dan Communication skill. Untuk itu diperlukan sinergisme  kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan atau yang dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif realistis, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan.Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan, dan Keterampilan.

PKM merupakan Program DIKTI melalui Ditlitabmas  para mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni .

            Kegiatan workshop  kali ini diharapkan para mahasiswa dapat membuat proposal   untuk di ajukan kepada  Ditlitabmas Dirjen Dikti dan bagi yang masuk akan dibiayai mulai dari 2 Juta  rupiah sampai dengan  12 Juta rupiah. Pengajuan proposal diharapkan sudah masuk pada bulan Februari 2015 dan kegiatannya  berakhir bulan Juli 2015. Adapun jenis proposal yang diajukan dapat berupa proposal penelitian, proposal  kewirausahaan dan proposal kreatifitas .