Sosialisasi Utang Negara

  • Senin 26 Oktober 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 773
UPN VETERAN Yogyakarta

Fakultas Ekonoimi UPN "Veteran" Yogyakarta bekerjasama dengan Direktorat Surat Utang Negara(DJPPR) menyelenggarakan sosialisasi  Surat Utang Negara(SUN) bertempat di Ruang seminar Fakultas Ekonomi UPNVY hari Jum'at (23/10).

Hadir sebagai nara sumber pada acara   sosialisasi  SUN  Bapak Sandi Arifianto, IBu Ratri Yunita dari Direktorat Surat Utang Negara dan Ibu Dr. Sri Suharsih. M.Si dari Prodi Ekonomi Pembangunan FE. UPNVY. Acara tersebut dihadiri oleh  para mahasiswa, dosen dan pemerhati tentang Surat Utang Negara(SUN).

Dalam ceramahnya  Sandi Arifianto menjelaskan tentang Surat Utang Negara (SUN) sesuai dengan  pasal 1 UU Nomor 24/2002 tentang SUN  bahwa surat utang negara adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara indonesia.

Adapun jenis SUN antara lain  Surat Perbendaharaan Negara  , tenor s.d 12 bulan pembayaran bunga seacara diskonto. Dan Obligasi negar tenor diatas 12 bulan dengan kupon atau pembayaran bunga secara  diskonto.

Tujuan penerbitan SUN adalah untuk membiayai defisit negara dan menutup kekuarangan kas jangka apendek akibat ketidaksesuaian  arus kas penerimaan dan pengeluaran negara.  Sedangkan manfaat diterbitkannya SUN sebagai instrumen fiskal, instrumen investasi, instrumen moneter  dan mendor4ong terciptanya acuan imbal hasil bagi penilaian harga instrumen keuangan lainnya.

Previous Next