Sukseskan ESG, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Hadiri Forum Pimpinan Universitas di Thailand

  • Selasa 15 Oktober 2024 , 12:18
  • Oleh : Dewi
  • 205
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

THAILAND - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) terus mendorong kerja sama internasional dalam mendukung dan menyukseskan isu-isu strategis. Pada 3-4 Oktober 2024 lalu, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si., menghadiri The 15 CUPT-CRISU Conference 2024 yang diselenggarakan di Prince of Songkla University, Bangkok, Thailand.

The 15 CUPT-CRISU Conference 2024 merupakan forum pertemuan pimpinan perguruan tinggi Indonesia dan Thailand. Forum pimpinan tersebut, membahas kerja sama di berbagai bidang meliputi, pendidikan, penelitian, dan pembangunan berkelanjutan.

Dihadiri 150 peserta perguruan tinggi dari dua negara, forum tersebut juga membahas isu-isu strategis diantaranya Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola. Para pimpinan perguruan tinggi yang hadir, turut mendeklarasikan komitmennya untuk menyukseskan program ESG.

“Dalam The 15 CUPT-CRISU Conference 2024, rektor perguruan tinggi negeri di Indonesia dan Thailand siap menyukseskan ESG di kampus masing-masing,” tutur Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Rektor melanjutkan, hasil dari The 15 CUPT-CRISU Conference 2024, yakni para pimpinan perguruan tinggi di Indonesia dan Thailand, diminta menyusun langkah-langkah strategis dan mekanisme untuk mengimplementasikan ESG di kampus masing-masing. Dalam hal ini, setiap universitas diminta bekerja bersama dengan masyakat serta stakeholder lainnya.

Langkah tersebut dimulai dengan membangun kesadaran (raising awareness) tentang program ESG, menentukan program, dan menjadi percontohan (role model), dan memasukkan ESG dalam kurikulum perguruan tinggi.

“UPN Veteran Yogyakarta siap untuk berkolaborasi untuk menyukseskan implementasi dari program Environmental, Social, and Governance,” imbuh Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, UPN Veteran Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Maejo University Thailand, yang diwakili oleh Rektor Maejo University Thailand, Dr. Weerapon Thongma. Kerja sama ini, bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan penelitian dan pendidikan kedua universitas melalui kolaborasi akademik.

Nantinya, UPN Veteran Yogyakarta dan Maejo University Thailand akan melakukan pertukaran dosen dan mahasiswa untuk studi dan penelitian. Kedua institusi juga akan menyelenggarakan proyek penelitian bersama.

UPN Veteran Yogyakarta dan Maejo University Thailand juga berkomitmen untuk melakukan pertukaran informasi dan program-program unggulan lainnya di bidang akademik dan nonakademik.