Tingkatkan Daya Saing Global, Fakultas Pertanian Jajaki Kerjasama dengan Universitas di Jepang

  • Rabu 18 Desember 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1890
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - Sesuai dengan visi Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) untuk Menjadi Fakultas Pertanian yang Unggul dalam Bidang Pertanian Berkelanjutan yang Dilandasi Jiwa Bela Negara dan Berwawasan Global di Tahun 2020”,

Fakultas Pertanian terus mengembangkan kegiatan untuk pencapaian visi menjadi Fakultas Pertanian yang unggul dalam bidang pertanian berkelanjutan yang dilandasi jiwa bela negara dan berwawasan global di tahun 2020.

Untuk itu Fakultas Pertanian berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas mellaui kerjasama dengan beberapa mitra universitas di luar negeri. Salah satunya dilakukan oleh 8 delegasi Fakultas Pertanian UPNVY yang melakukan  penjajakan kerjasama ke Ehime University dan Tokyo University Agricultural and Technology (TUAT) pada tanggal 16-22 November 2019.

Para terdiri atas Wakil Dekan bidang Akademik, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua Jurusan Agroteknologi, Ketua Jurusan Agribisnis, Koordinator Program Studi Agroteknologi, Koordinator Program Studi S1 Agribinis, Koordinator Program Studi S2 Agribisnis dan satu dosen Agroteknologi sesuai perintah Dekan Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta.

Dalam keterangan tertulis Fakultas Pertanian UPNVY, pemilihan Ehime University dan Tokyo University Agricultural and Technology (TUAT) ini dilakukan berdasarkan reputasi internasional yang sangat baik dari kedua universitas tersebut dan adanya kontak person yang telah berkolaborasi selama ini sebagai reviewer dan steering committee dalam The International Conference on Green Agroindustry (sejak 2013) maupun penelitian bersama, dan adanya kolega beberapa dosen Fakultas Pertanian UPNVY di kedua universitas tersebut.

“Kami mendiskusikan berbagai hal terutama bidang akademik dengan perwakilan Ehime University dan Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT). Rencana peningkatan kerjasama untuk pertukaran mahasiswa dan dosen, kemuadian maupun kesempatan studi lanjut dosen.” Kata Mofit Eko Poerwanto, salah satu anggota delegasi.

Dibahas pula mengenai peluang kegiatan inbound dan outbound yang diselenggarakan oleh kedua belah pihak dan prosedur credit earnings dan credit transfer bagi mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta dan TUAT.

Selain itu, lanjut Mofit para delegasi melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium dan Plant Factory untuk melihat fasilitas yang tersedia di Ehime University bersama Prof. Naoto Matsue. Kunjungan ke  Plant Factory untuk melihat fasilitas penelitian tanaman buah dan sayuran di TUAT bersama Prof. Tasuku Kato.

Hasil dari penjajakan kerjasama ini, kata Mofit akan ditindakalajuti dengan kolaborasi Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) dan Ehime University dalam International Conference yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian UPNVY dan publikasi dalam prosiding konferensi internasional terindeks.

“Kami akan Membuka kesempatan bagi dosen UPN Veteran Yogyakarta mengadakan research bersama dengan sumber pendanaan yang dikumpulkan oleh masing-masing pihak.” Ujar Mofit.

Selain itu akan mengundang mahasiswa di Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT) dan Ehime University untuk mengikuti Tea Summer Course pada tahun 2020 di UPNVY. Tindaklanjut berikutnya yaitu keikutsertaan program Internship di TUAT dengan biaya dari beasiswa SSSV atau JASO Jepang untuk mahasiswa Fakultas Pertanian UPNVY.

Sebelumnya kerjasama dengan mitra lura negeri sudah dilakukan oleh Fakultas Pertanian UPNVY dengan implementasi kegiatan diantaranya  pertukaran mahasiswa dan dosen dengan Eszterhazy Karoly University di Hongaria, Tokyo University Agricultural and Technology (TUAT) di Jepang, Tarlac Agricultural University dan Sultan Kudarat State University di Phillippine. (Mofit Eko Poerwanto /FP)