16 Perguruan Tinggi DIY Berkomitmen Kembangkan Kampus Sehat

  • Senin 23 Desember 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1237
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 16 Perguruan Tinggi di DIY menandatangani komitmen bersama untuk mengembangkan Health Promoting University (HPU) atau kampus sehat.

Sebanyak 16 PT tersebut yakni UGM, Poltekkes Kemenkes, UNY,  UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran Yogyakarta, UII, UKDW, UMY, UAD, UAJY, USD, Unisa, UTY, STIE YKPN, AMIKOM, AKPRIND dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Tim Health Promoting University (HPU) UGM Supriyati mengatakan 16 PT tersebut berkomitmen untuk menyelenggarakan Kampus Sehat untuk mewujudkan lingkungan dan perilaku hidup sehat menuju kampus yang sehat dan sejahtera melalui pendekatan Health Promoting University.


Perguruan tinggi tersebut berkomitmen untuk menyelenggarakan Kampus Sehat melalui empat langkah.

"Pertama, pendekatan kesehatan secara komprehensif pada tatanan kampus untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan yang optimal dan berkelanjutan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/12/2019).

Kedua, meningkatkan literasi kesehatan dan menerapkan program kampus sehat.

Ketiga, kegiatan kampus sehat mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatan sivitas akademika disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan, kemudahan, dan prioritas perguruan tinggi.


Terakhir, kegiatan Kampus Sehat dapat dilaksanakan dengan strategi advokasi, kemitraan dan pemberdayaan masyarakat.

"UGM sendiri telah mendeklarasikan sebagai kampus sehat pada bulan Juli 2019," ucapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)



Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul 16 Perguruan Tinggi DIY Berkomitmen Kembangkan Kampus Sehat, https://jogja.tribunnews.com/2019/12/20/16-perguruan-tinggi-diy-berkomitmen-kembangkankampus-sehat.
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho