Tri Winarno, Alumni UPN Veteran Yogyakarta Jadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM

  • Rabu 25 September 2024 , 04:10
  • Oleh : Dewi
  • 431
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
Dok. Dirjen Minerba Kementerian ESDM

YOGYAKARTA – Alumni Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Dr. Ing. Tri Winarno, S.T., M.T dilantik menjadi Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Jumat (20/9). Tri Winarno merupakan lulusan Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) 1997.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, berpesan agar Tri Winarno sebagai Dirjen Minerba baru, segera mengatasi berbagai sumber masalah di industri minerba yang sangat dinamis.

“Bapak Tri Winarno adalah pejabat yang berproses dan dilantik paling cepat. Ini semua ada maknanya bahwa percepatan pelayanan harus dilakukan secara sungguh-sungguh," ujar Menteri ESDM, dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM.

Selain itu, Menteri Bahlil juga meminta Dirjen Minerba untuk berkoordinasi dengan baik, baik secara internal maupun eksternal, serta memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Menteri Bahlil juga menegaskan pentingnya menyelesaikan berbagai masalah yang menumpuk di sektor minerba.

Terpisah, Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si, mengucapkan selamat atas terpilihnya Bapak Tri Winarno.

“Terpilihnya Bapak Tri Winarno sebagai Dirjen Minerba Kementerian ESDM, merupakan kebanggaan bagi UPN Veteran Yogyakarta sebagai almamater beliau, bahwa alumni UPN Veteran Yogyakarta dipercaya memegang peranan penting dalam kementerian,” ujar Rektor UPN Veteran Yogyakarta.

Senada, Wakil Rektor (Warek) Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan, Dr. Hendro Widjanarko, S.E., M.M., mengatakan bahwa terpilihnya Bapak Tri Winarno sebagai sebagai Dirjen Minerba menunjukkan kualitas dan rekam jejak yang bagus dari alumni Kampus Bela Negara. Warek menuturkan, penunjukkan Bapak Tri Winarno tersebut, menunjukkan bahwa alumni UPN Veteran Yogyakarta mampu bersaing dengan lulusan kampus ternama lainnya.

“Kami dari UPN Veteran Yogyakarta, memberikan apresiasi yang tinggi kepada alumni UPN Veteran Yogyakarta, khususnya alumni dari Teknik Pertambangan Dr. Ing. Tri Winarno, S.T., M.T yang sekarang dipercaya menjadi Dirjen Minerba Kementerian ESDM,” tutur Warek.

Tri Winarno memulai karir struktural di Kementerian ESDM pada 2009 sebagai Kepala Seksi Standarisasi Mineral di Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba. Pada Februari 2024, Tri Winarno diamanahkan sebagai Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Program Mineba.

Usai menyelesaikan pendidikan Sarjana di Prodi Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta, Tri Winarno menyelesaikan pendidikan magister Teknik Geologi di Universitas Gadjah Mada pada 2007. Kemudian, Tri Winarno menamatkan studi doktoral Pertambangan di Freiberg Technische Universitat Bergakademie, Jerman pada 2016.

Sumber:

https://esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/lantik-dirjen-minerba-ini-arahan-menteri-esdm

https://www.minerba.esdm.go.id/berita/minerba/detil/20240920-menteri-esdm-resmi-lantik-tri-winarno-sebagai-dirjen-minerba