FISIP UPN Veteran Yogyakarta Raih Akreditasi Internasional, Siap Bersaing di Tingkat Global

  • Rabu 25 September 2024 , 10:11
  • Oleh : Dewi
  • 233
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta
FISIP UPN Veteran Yogyakarta raih akreditasi internasional

YOGYAKARTA -  Sebanyak lima Program Studi (Prodi) dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Yogyakarta kini telah mengantongi akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Kelima prodi tersebut adalah, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Administrasi Bisnis, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Hubungan Masyarakat, dan S2 Ilmu Komunikasi.

 

Ketua Panitia Akreditasi Internasional FISIP, Hestutomo Restu Kuncoro M.A mengaku senang dan bangga atas hasil akreditasi tersebut. Dosen Jurusan Hubungan Internasional ini juga mengatakan bahwa akreditasi internasional ini adalah upaya fakultas memfasilitasi dan mendukung kegiatan akademik mahasiswa.

“Proses persiapan menuju akreditasi internasional ini Panjang, kami membangun selama kurang lebih tiga tahun,” ujar Hestutomo.

Ditemui dalam kesempatan berbeda, Wakil Rektor bidang Akademik UPN Veteran Yogyakarta, Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si, menyambut gembira kabar ini. Dekan FISIP 2016 – 2024 ini, juga ikut turun tangan mempersiapkan akreditasi internasional tersebut selama menjabat sebagai pucuk pimpinan FISIP.

“Tentu sangat bersyukur, apalagi inisiasi untuk akreditasi ini dimulai dari 2021 di masa kepemimpinan dan setelah berjuang selama tiga tahun akhirnya tuntas,” ujar Machya.

Lebih lanjut, Machya yang kini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik menuturkan akan mendorong fakultas lainnya di UPN Veteran Yogyakarta agar mengikuti jejak kesuksesan FISIP dalam meraih akreditasi internasional.

Sebagai tambahan informasi, FIBAA merupakan lembaga akreditasi internasional untuk pendidikan tinggi yang berkantor pusat di Jerman. Lembaga ini telah meraih pengakuan dan sertifikasi Pemerintah Jerman untuk menilai dan memberi akreditasi baik di dalam maupun luar negeri.

Penulis: Davindra Ghifary