UJIAN TULIS UPN VETERAN YOGYAKARTA DITUNDA

  • Kamis 01 Juli 2021 , 04:35
  • Oleh : Dewi
  • 4312
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Rektor Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY), Dr.Mohamad Irhas Effendi, M.Si, memutuskan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Jalur Seleksi Mandiri (SM) di Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Tegal dan Madiun ditunda. Ujian yang sedianya akan dilaksanakan secara offline atau luring selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 3 dan 4 Juli 2021 ditunda menjadi tanggal 17 dan 18 Juli.

Kebijakan ini diambil oleh Rektor UPNVY mengacu pada Pernyataan Presiden Joko Widodo secara resmi pada tanggal 1 Juli 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) se-Jawa dan Bali, mulai tanggal 3 sampai dengan 20 Juli 2021 dan menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 39/SE/VI/2021 tentang Penundaan Sementara Kegiatan Yang dapat menimbulkan Kerumuman di lingkungan Pemerintah DIY dalam masa Pandemi Covid19.

Keputusan penundaan UTBC diumumkan secara resmi oleh Rektor sesuai Surat Edaran Nomor. 28/ UN62/SE/2021 pada tanggal 1 Juli 2021 tentang Penundaan dan Perubahan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Program Sarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Tahun Akademik 2021/2022.

“Penyelenggaraan UTBC diubah menjadi Ujian Computer Base Test (CBT) secara online pada tanggal 17 dan 18 Juli 2021. Penyelenggaraan Ujian Computer Base Test (CBT) dilaksanakan secara daring (online) dari lokasi domisili peserta. Teknis penyelenggaraan Ujian Computer Base Test (CBT) akan diinformasikan pada tanggal 13 Juli 2021 di laman http://pmb.upnyk.ac.id.” tambah Rektor

Wakil Rektor, Dr. Suharsono menjelaskan para peserta yang sudah mendaftar secara online dan memiliki kartu peserta UTBC akan mengikuti ujian CBT sesuai waktu yang ditentukan.

“Karena teknis pelaksanaan UTBC dan CBT berbeda maka ketentuannya ujiannya akan berbeda. Peserta nantinya akan mencetak kartu test yang baru. Ketentuan dan syaratnya dapat dilihat di website.” Jelasnya.

Penundaan ini kata Suharsono sebagai upaya pengendalian dan pencegahan Covid19 mengingat kondisi Pandemi Covid-19 di DIY dan daerah lain di Indonesia angkanya meningkat tajam.

"Peserta kami harapkan memperhatikan ini dan selalu memantau perkembangan informasi lebih lanjut mengenai hal ini di laman pmb.upnyk.ac.id." imbuhnya.

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya, pada Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVY tahun 2021 tersedia tiga jalur pilihan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri.

Daya tampung Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVY tahun 2021 yaitu sebanyak 3.640 mahasiswa dengan perbandingan SNMPTN sebesar 20%, SBMPTN sebesar 50%, dan Seleksi Mandiri sebesar 30%.