UKM KRISTEN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA DUKUNG MBKM MELALUI PROGRAM MEMBANGUN DESA

  • Minggu 24 April 2022 , 02:40
  • Oleh : Dewi
  • 1305
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kristen UPN “Veteran” Yogyakarta mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mengadakan program Desa Binaan di Desa Ngelosari pada Minggu (24/04/22). Kegiatan Desa Binaan ini dilaksanakan dengan frekuensi setiap dua minggu sekali, yang mana kegiatan sebelumnya dilaksanakan pada 10 April lalu. Program ini diadakan sebagai salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bentuk pengabdian UKM Kristen kepada masyarakat.

Desa Binaan sendiri adalah program dari Bidang Ilmiah UKM Kristen, di mana mahasiswa akan mengurus dan mengembangkan Desa Binaan menjadi tempat mengasah pendidikan dan pengembangan karakter untuk anak-anak di desa tersebut. Kemudian membuat Elshadai dengan waktu yang telah direncanakan.

Koordinator Bidang Ilmiah, Yohana Claudia, menyampaikan bahwa tujuan dari program Desa Binaan ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa kepada masyarakat. “Desa Binaan dilaksanakan untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa dan mengamanatkan nilai-nilai sosial, serta membantu meningkatkan kualitas anak-anak dalam pendidikan formal maupun non-formal,” tambah Yohana.

Yohana juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan membatasi mahasiswa yang berpartisipasi secara offline dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Kuota partisipan dibatasi untuk 10 orang dengan syarat sudah melalukan vaksin dosis kedua. Mahasiswa yang ikut harus melakukan pendaftaran dengan menghubungi contact person yang tertera di poster kegiatan,” ungkapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam program Desa Binaan ini salah satunya adalah mengajarkan materi pengetahuan umum dan dilanjut dengan sesi bimbingan belajar bagi anak-anak yang hadir. Terkadang juga diselingi sesi bermain dan kegiatan kreatif lainnya. Fokus dari program Desa Binaan, bukan hanya kepada anak-anak desa, tetapi juga melibatkan semua kalangan masyarakat yang ada di sana.

“Beberapa tahun terakhir kami menarik fokus utama dalam pengembangan anak-anak SD dan SMP, tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan kegiatan yang melibatkan para orang tua yang ada di sana,” ungkap Yohana. Yohana berharap, program Desa Binaan tersebut dapat terus membantu masyarakat dan memberikan pengaruh baik bagi perkembangan Desa.