CHOLID MAHMUD, ANGGOTA DPD RI PIMPIN SHOLAT IDUL FITRI DI UPN VETERAN YOGYAKARTA

  • Senin 02 Mei 2022 , 01:18 PM
  • Oleh : Dewi
  • 540
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta menggelar sholat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022). Dimulai sejak pukul 06.30 WIB, sholat Idul Fitri dilakukan di Lapangan Rektorat UPN Veteran Yogyakarta dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Tidak hanya diikuti oleh ribuan jemaah, Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Bapak Prof. Dr. M. Irhas Effendi, M.Si. pun turut mengikuti sholat Idul Fitri di UPN Veteran Yogyakarta tersebut. Adapun untuk Imam dan Khotib dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri di UPN Veteran Yogyakarta kali ini dipimpin oleh Ustadz Ir. H. Cholid Mahmud, M.T yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Sabilul Khairaat, Tengaran, Semarang.

Ustadz Ir. H. Cholid Mahmud, M.T dalam khotbahnya menyampaikan tentang pentingnya menjaga silaturahmi. “Dalam Al-Quran Surat Muhammad ayat 22-23, Allah SWT berfirman yang artinya: Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan (silaturahmi)? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya.” Jelas Ustadz Cholid.

Beliau kemudian melanjutkan khotbahnya dengan membacakan hadits terkait berdosanya orang yang memutuskan tali silaturahmi. “Diriwayatkan Jubair bin Muth’im RA, salah satu sahabat Nabi SAW, bahwa Ia pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda: Tidak akan masuk surga orang yang memutus silaturahmi. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan At-Turmuzi).”

“Karena pentingnya silaturahmi ini, maka Rasulullah mendorong para sahabat untuk tetap menjaga hubungan ini (silaturahmi) walaupun pihak lain berusaha memutuskannya,” imbuh Ustadz Cholid.

Terakhir, Ustadz Cholid juga menyampaikan hadist keuntungan bagi orang yang mempertahankan silaturahmi. Dalam hadist tersebut diriwayatkan yang artinya: Abu Huraira melaporkan seseorang berkata, "Ya Rasulullah SAW, saya punya keluarga yang jika saya berusaha menyambung silaturrahmi maka mereka berusaha memutuskannya. Dan jika saya berbuat baik pada mereka, maka mereka balik berbuat jelek kepadaku dan bersikap acuh tak acuh padahal saya bermurah hati pada mereka." Rasulullah SAW kemudian menjawab, "Jika seperti yang dikatakan, maka engkau melempar debu panas ke wajah mereka dan tetap di sana atas kehendak Allah SWT. Allah SWT (serta malaikat yang selalu membantu) akan membuatnya terus menang atas mereka selama kamu mengikuti jalan yang baik ini." (HR Muslim).

Ustadz Cholid berharap hadirin pada sholat Idul Fitri 1443 H di UPN Veteran Yogyakarta kali ini dapat memahami tuntunan Islam tentang pentingnya menjaga hubungan persaudaraan sehingga mampu menjalankan kebiasaan baik yang sudah berjalan di masyarakat dengan niat ibadah karena Allah SWT dan tercipta rasa solidaritas.

 

Previous Next