UKM UPN VETERAN YOGYAKARTA LOLOS ABDIDAYA 2021

  • Rabu 01 Desember 2021 , 12:38 PM
  • Oleh : Dewi
  • 906
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman-Tim Unit Kegiatan Mahasiswa Interdisciplinary Scientific Research UPN Veteran Yogyakarta berhasil lolos dalam “ABDIDAYA 2021” yang merupakan acara puncak kegiatan kemahasiswaan bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat PHP2D, P3D, dan Wira Desa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kegiatan ini menjadi ajang bagi para pemberdaya masyarakat untuk menghasilkan luaran inovatif dan kolaboratif yang diselenggarakan di IPB University sebagai tuan rumah.

 

Tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa Interdisciplinary Scientific Research UPN “Veteran” yang beranggotakan Ahmad Nur Rohim Agroteknologi’18 sebagai ketua, dengan anggota Alfian Nur Rahman Agribisnis’18, Shaffira Ayuning Byzhura Manajemen’19, Dewi Anggraeni Sekarwati Agroteknologi’19, Khairul Asrori Teknik Kimia’18, dan Ardya Rahmawati Laras Septi Agroteknologi’18. 

 

Tahun 2021 Kemendikbudristek mendanai 81 proposal dari 1.505 total proposal wira Desa yang telah mendaftar. Di tingkat ini, Tim UKM ISR UPN Veteran Yogyakarta pada Program Wira Desa dinyatakan lolos dengan judul program “Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Manajerial dan Pendampingan Usaha Di Desa Girirejo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta”. Program pemberdayaan ini telah dilaksanakan mulai bulan Juli-Desember. Hingga akhirnya, Tim UKM ISR UPN Veteran Yogyakarta berjuluk Tim Giriwiradaya berhasil meloloskan Pemerintah Desa Girirejo pada Nominator Lembaga Mitra Desa Program Wira Desa 2021. 

 

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intens dan terstruktur di Desa Girirejo meliputi pelatihan manajemen produksi dan operasi, pelatihan supply chain management, pelatihan digital marketing, pelatihan pengembangan produk, pelatihan manajemen pemasaran, pelatihan manajemen finansial akuntansi, dan pelatihan budidaya pisang tanduk dengan sistem irigasi tetes otomatis.

 

Bapak Oliver Samuel Simanjuntak, S.Kom., M.Eng., selaku dosen pendamping dari pengabdian masyarakat ini mengapresiasi mahasiswa yang dapat dengan baik berkecimpung kepada masyarakat di Desa Girirejo. “Salut untuk Tim Wira Desa UKM ISR dalam pelatihan majanemen, hulu-hilir usaha, hingga Gebyar Pameran UMKM di Desa Girirejo, Maju Terus, Semangat-Semangat!”

 

Ibu Dwi Yuli Purwanti, SH selaku Lurah Girirejo juga mengucapkan terimakasih kepada Tim Giriwiradaya yang telah membantu unit usaha BUMDes Mahanani dan mensukseskan UMKM di Desa Girirejo ini terutama produk wedang uwuh, criping pisang, bakso tusuk, dan kerajinan keris serta batik. Dengan Wiradesanya, terimakasih UPN Semoga kedepan Girirejo lebih berjaya.

 

Ahmad selaku ketua dari Tim Giriwiradaya menyampaikan bahwa “Kegiatan ini merupakan pengalaman yang menarik dan berharga bagi kami sebagai tim. Banyak hal yang kami pelajari dari proses survei hingga dapat meloloskan Lembaga Mitra Desa, Pemerintah Desa Girirejo sebagai nominator dalam puncak pengabdian Abdidaya 2021. Kami sangat bangga dapat membawa nama baik kampus tercinta UPN “Veteran” Yogyakarta”. Ia pun berterima kasih atas nama tim dan volunterr untuk dukungan dan semangat dari pihak kampus, BINWA, dan para dosen yang telah memberi kami kesempatan untuk berkarya dan berinovasi hingga mengaplikasikan secara langsung kepada masyarakat bersama @giriwiradaya dan @isrupnvyk.

 

Previous Next