UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BEKERJASAMA DENGAN BADAN KEJURUAN TEKNIK PERMINYAKAN DAN GEOTHERMAL (BKTMG) GELAR SOSIALISASI PELATIHAN PENGISIAN FAIP

  • Senin 13 Maret 2023 , 12:11
  • Oleh : Dewi
  • 1471
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Fakultas Teknologi Mineral  (FTM) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNV YK)  bekerjasama dengan Badan Kejuruan Teknik Perminyakan dan Geothermal (BKTMG) menggelar sosialisasi pelatihan pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP)  melalui zoom meeting, Sabtu 11 Maret 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung para Insinyur untuk meningkatkan minat serta pengetahuannya mengenai undang-undang keinsinyuran dan pengetahuan teknik pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional. Webinar menghadirkan Narasumber Prof. Ir. Asep Kurnia Permadi, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. Beliau selaku Ketua  Badan Kejuruan Teknik Perminyakan dan Geothermal (BKTMG PII)  sekaligus sebagai Guru Besar dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan ini dipandu oleh moderator Dr. Ir. Deddy Kristanto, MT., IPM selaku dosen FTM UPNV YK.

Dr.Ir. Sutarto, M.T selaku Dekan Fakultas Tekonologi Mineral  dalam sambutannya menyampaikan  mengapresiasi kegiatan ini dan mengharap semua Dosen Teknik UPN Veteran Yogyakarta memiliki STRI melalui pengisian FAIP secara online di aplikasi SIMPONI.

“UU No. 11 tahun 2014 mewajibkan semua Sarjana Teknik yang bekerja di bidang keinsinyuran untuk memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).  Bagi yang belum tersertifikasi akan mendapatkan sangsi administratif, mulai dari peringatan, penghentian kegiatan keinsinyuran sampai sangsi denda. Sementara untuk memperoleh gelar profesi Insinyur, seseorang harus lulus dari Program Profesi Insinyur yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan kementerian terkait dan PII,” terang Sutarto.

Joko Pamungkas,MT selaku ketua penyelenggara menyampaikan Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) merupakan formulir isian yang terdiri dari pengalaman kerja dalam bentuk uraian kegiatan dan dinilai pada klaim kompetensi yang diajukan. FAIP menjadi salah satu syarat dalam mendapatkan Sertifikasi Insinyur Profesional. Saat ini FAIP tidak lagi diajukan secara konvensional oleh para calon Insinyur Profesional namun telah terintegrasi melalui aplikasi (Sistem Informasi Manajemen Persatuan Insinyur Indonesia) melalui website Persatuan insinyur Indonesia (PII) yang dikenal dengan aplikasi SIMPONI. Ketidaktahuan para Insinyur tentang Undang Undang keinsinyuran dan kurangnya pengetahuan teknik pengisian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP) secara Online melalui Aplikasi SIMPoNI adalah permasalahan yang mendasar yang menyebabkan rendahnya minat para Insinyur untuk mengisi FAIP dalam rangka memperoleh Sertifikat Insinyur Profesional (SIP) dan Surat Tanda Registrasi Insinur (STRI). Kegiatan ini merupakan wujud nyata UPN Veteran Yogyakarta rangka meningkatkan profesionalisme keinsinyuran untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengisian FAIP secara Online dan menambah jumlah anggota PII yang memiliki SIP dan STRI sesuai amanat UU no 11 Tahun 2014 agar bisa berpraktek ke Insinyuran secara legal dan profesional.