UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERKOLABORASI DENGAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN BANTUL, MELAKSANAKAN IMPLEMENTASIKAN BELA NEGARA MELALUI PEMBERSIHAN SAMPAH DI PANTAI BARU

  • 02 June 2021 , 10:47 AM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 170
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul melaksanakan implementasi Bela Negara melalui pemebersihan sampah di Pantai Baru Bantul, pada Minggu 30/5. Kegiatan ini bertemakan “Clean Up Day” yaitu kegiatan membersihkan sampah dan plastik-plastik disepanjang Pantai Baru Bantul. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja tentang kegiatan sosial movement dari Departemen Sosial Masyarakat BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta. Pada kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 peserta.

 

Wahyuni Andrianingrum selaku  ketua  kegiatan mengatakan dalam kegiatan ini dari BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta sendiri bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan dalam pelaksanaanya dibantu oleh UPK kebersihan pantai block barat. Kegiatan bersih-bersih pantai ini dilaksanakan dengan menyusuri pantai sekaligus memungut dan membersihkan berbagai sampah yang ditemukan di sepanjang pantai.

 

“Latar belakang kami mempunyai ide untuk kegiatan ini adalah banyaknya sampah plastik di pesisir pantai menjadi perhatian utama kami karena dapat merusak ekosistem laut dan mengakibatkan pencemaran air laut. Sampah plastik menjadi permasalahan bagi sebagian pantai di Indonesia termasuk di wilayah Bantul. Sebagai salah satu ikon wisata di Bantul sudah seharusnya pantai terbebas dari sampah plastik. Sehingga kami tertarik untuk melakukan aksi bersih pantai sebagai kontribusi kami dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik.” Ujar Wahyuni Andrianingrum selaku ketua kegiatan dari BEM FEB UPN “Veteran” Yogyakarta.

 

Wahyuni Andrianingrum menambahkan kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat khususnya mahasiswa untuk membersihkan dan menjaga pantai dari sampah plastik, memberikan edukasi serta pengetahuan terkait sampah plastik, serta meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kebersihan pantai dari sampah plastik.

 

“Saya berharap setelah dilaksanakan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk mahasiswa khususnya di FEB untuk membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sebagai salah satu esensi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat,” tambahnya. Humas

Previous Next