UPN “VETERAN” YOGYAKARTA BERKOLABORASI DENGAN GUBERNUR JAWA TENGAH GELAR WEBINAR KEPEMIMPINAN ERA REVOLUSI SOCETY 5.0

  • 03 June 2021 , 02:29 PM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 736
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_ Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Mineral UPN “VETERAN” YOGYAKARTA gelar acara webinar online dengan tema “Kepemimpinan” pada hari Minggu (30/5). Topik webinar pada acara ini adalah Kepemimpinan dengan tertuju pada “Membangun Generasi Pemimpin Muda di Era Revolusi Society 5.0”. Webinar tersebut dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Conference dan dihadiri lebih dari 100 orang. Webinar ini sangat menarik karena mengundang pembicara tokoh kenegaraan yaitu H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP selaku Gubernur Jawa Tengah. Selain itu, juga turut mengundang Rektor UPN “VETERAN” YOGYAKARTA saat ini yaitu Dr. M. Irhas Effendi, M.Si serta Rektor UPN “VETERAN” YOGYAKARTA periode 2014 - 2018 yaitu Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti Kusumayudha, M.Sc dan Slamet Kastoro, S.T selalu Ketua BEM FTM Periode 2010.

 

“Maka teman-teman kalau kita mau lihat kedepan, ada journey of society dimana ada era 1.0 hingga saat ini yaitu 5.0 harmonisasi teknologi dan manusia karena kedepannya manusia bisa enak enak saja dengan menikmati teknologi namun manusia akan resah karena dibantu teknologi sampai kita kehilangan human being yang menghilangkan harmonitas antar manusia. Tahun 2045 kira-kira Indonesia menjadi ekonomi nomer 4 atau 7, kalau mau ekonomi kita nomer empat kita harus kerja keras tidak boleh santai-santai. Pada era 5.0 ada softskill, ada kemampuan kognitif, dan ada tekonologi, sebagai manusia jiwa kepemimpinan harus lekat pada diri tiap masing-masing harus memiliki kemampuan komunikasi, berempati, punya growth mindset dan adaptif tidak hanya itu seorang pemimpin harus memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kompleks dengan baik serta mampu berpikir kritis yang diimbangi dengan adaptif dengan perkembangan tekonologi yang ada karena pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu menghadapi perubahan zaman dengan cepat, maka dari itu diperlukan energy yang tinggi sehingga mampu menjangkau berbagai kalangan masyakarakat,” ujar H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP selaku Gubernur Jawa Tengah.

 

“Untuk dapat menyusun rencana strategis dan program kerja dari setiap pemimpin maka perlu dilakukan analisis lingkungan, lakukanlah analisis ini mahasiswa sekalian, lakukan, analisis dimana di dalam analisis lingkungan ini kita mencoba introspeksi memetakan diri sendiri, dimulai dari lingkungan internal kekuatan kita apa, kelebihan kita apa kemudian kita juga harus pahami kekurangan kita apa dan harus kita inventaris secara jujur kemudian kita perhatikan lingkungan eksternal yang berupa ancaman dan peluang keempat hal inilah sangat penting untuk dilakukan pemimpin tidak hanya pemimpin-pemimpin klasik di masa lalu tetapi pemimpin di era Society 5.0 masih relevan untuk dilaksanakan,” ujar Prof. Dr. Ir. Sari Bahagiarti Kusumayudha, M.Sc  Rektor UPN ‘VETERAN” YOGYAKARTA Periode 2014 - 2018.

 

Harapannya setelah webinar ini dilaksanakan mahasiswa-mahasiswa tidak takut untuk tampil berani, beda dari yang lain, harus unggul dari yang lain serta mampu menjadi pemimpin-pemimpin dimanapun berada seperti ungkapan Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani” serta adaptif dengan perkembangan zaman apalagi saat ini adalah zaman Society 5.0 dimana peran manusia berjalan beriringan dengan teknologi yang canggih dan harus mampu mengimbanginya.

Previous Next