UPN VETERAN YOGYAKARTA BERKOLABORASI DENGAN TIP FILIPINA DUKUNG MBKM MELALUI PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR

  • Kamis 26 Mei 2022 , 04:00 PM
  • Oleh : Dewi
  • 609
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman -- Office Of International Affairs (OIA) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta berkolaborasi dengan Technological Institute Of The Philippines (TIP) dukung MBKM melalui program pertukaran pelajar. Orientasi dan briefing mahasiswa pertukaran pelajar pada Rabu (18/05/2022). Acara diselenggarakan secara daring menggunakan platform zoom meeting dengan dihadiri peserta program yang merupakan manasiswa asal jurusan  Computer Science, Information Technology dan Information Systems TIP Filipina, serta mahasiswa jurusan Informatics Study dan Information System UPN Veteran Yogyakarta.

 

Dr. Ir. RR. Rukmowati Brotodjojo  selaku Kepala UPT Bahasa dan Layanan Internasional UPN “Veteran” Yogyakarta  dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya acara pertukaran pelajar ini, diharapkan para mahasiswa dapat mempelajari budaya baru serta dapat meningkatkan daya saing internasional.

 

Lebih lanjut, Rukmowati menyampaikan resolusinya terhadap program pertukaran pelajar ini. “Meskipun saat ini hanya dapat diselenggarakan secara daring dikarenakan kondisi covid, tetapi diharapkan semoga tahun-tahun kedepan acara ini dapat diselenggarakan secara luring baik itu di kampus UPN Veteran Yogyakarta maupun kampus TIP,” ungkapnya.

 

Sesi orientasi dan briefing mahasiswa ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menginformasikan mekanisme pertukaran pelajar virtual, waktu pelaksanaan, serta timeline acara. Acara ini juga dilaksanakan dengan penyampaian feedback dari peserta pertukaran pelajar, serta harapan dari peserta itu sendiri. Selain program perkuliahan, program pertukaran pelajar ini nantinya akan dilaksanakan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti adanya webinar dan presentasi kebudayaan.

 

Sebagai informasi, acara orientasi dan briefing mahasiswa pertukaran pelajar ini merupakan rangkaian program Technical and Vocational Education and Training (TVET) yang diselenggarakan oleh South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). TVET tahun ini merupakan batch ke lima dan merupakan batch pertama yang diselenggarakan secara virtual pada Mei-Juni 2022, setelah sebelumnya sempat terhambat situasi pandemi covid-19.

 

 

 

Previous Next