UPN VETERAN YOGYAKARTA BERSAMA DPP LVRI MENGGELAR WEBINAR PERINGATAN HARI KEBANGKITAN NASIONAL

  • Jumat 28 Mei 2021 , 12:23 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1571
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_UPN “Veteran Yogyakarta bersama DPP LVRI  menggelar webinar memperingati Hari Kebangkitan Nasional  secara daring, Selasa pukul 10.00 WIB hingga selesai. Tema webinar yaitu “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Implementasi Jiwa, Semangat, dan Nilai Juang ‘45”. Kegiatan ini diikuti  oleh Taruna Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Kepolisian (Akpol), Perwakilan serta mahasiswa dari UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, dan UPN Veteran Jawa Timur, 25/05/2021.

 

Dr. Irhas Effendi, MT selaku Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan Era Globalisasi merupakan tantangan terbesar  bagi generasi penerus. Oleh karena itu, perlu dibentuk karakter-karakter pejuang bagi pondasi bangsa dalam menghadapi tantangan global.

 

“Saat ini kita di Era Disrupsi (Globalisasi, Industri 4.0, Society 5.0, & Pandemi Covid-19),  dimana sebuah era terjadinya inovasi dan perubahan besar – besaran yang secara fundamental mengubah semua sistem dan tatanan  ke cara-cara baru. Saya berharap generasi muda semakin kreatif dan inovatif  dalam mengahadapi tantangan global untuk mewujudkan Indonesia Maju,” tambah Rektor.

 

Nono Sukarno selaku Mayjen TNI Marsekal (Purn.) menyampaikan sejarah peristiwa kebangkitan nasional dan sumpah pemuda menjadi  topik pembuka yang dipaparkan oleh narasumber. Seperti yang telah disampaikan, nilai kejuangan bangsa Indonesia telah melalui jalan yang panjang, mulai dari masa berdirinya berbagai kerajaan di Nusantara sampai upaya meraih kemerdekaan dari kelompok penjajah melalui Proklamasi 17 Agustus 1945. Adanya kesamaan visi, nasib, dan cita-cita untuk segera terbebas dari kolonialisasi membuat persatuan masyarakat Indonesia saat itu yang tidak pernah padam. Tidak sampai disitu, bangsa Indonesia kembali dihadapkan dengan problematika setelah merdeka, pertempuran kembali dihadapi masyarakat dengan kekuatan persenjataan yang tidak seimbang. Maka dari itu, diharapkan generasi muda penerus bangsa perlu diwariskan “nilai-nilai perjuangan” agar dapat mengatasi permasalahan bangsa di kemudian hari.

 

Di akhir webinar, terdapat sesi tanya jawab yang disampaikan oleh perwakilan berbagai pihak Akademi Kemiliteran, Kepolisian, dan tiga universitas UPN. Kemudian acara ditutup dengan bersama-sama menyanyikan lagu Nasional “Bagimu Negeri” ciptaan Raden Koesbini.

 

Previous Next