UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BANTUL

  • Rabu 31 Agustus 2022 , 10:19
  • Oleh : Dewi
  • 1273
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen UPN Veteran Yogyakarta dukung pengabdian masyarakat dengan nama Manajemen Mengabdi (MM). Tahun ini,  kegiatan Bina Desa tersebut kembali dilaksanakan di Dusun Kalimundu, Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 2 Juli - 28 Agustus 2022.

Dengan mengangkat tema Served Towards A Developed Society, Manajemen Mengabdi 2022 kali ini terfokus ke dalam 2 bidang yaitu pendidikan dan perekonomian. Di dalam lingkup pendidikan, terdapat berbagai program yang dilaksanakan dengan menyasar target utama anak-anak di wilayah Dusun Kalimundu. Adapun berbagai program pendidikan tersebut yakni seperti pembuatan prakarya, pengetahuan dasar kewarganegaraan, English day, dan Cerdas cermat.

Selain di dunia pendidikan, para pelaksana Manajemen Mengabdi juga memfokuskan pada kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian. Bentuk kegiatan di bidang ekonomi yang dilakukan misalnya penyuluhan dan praktik mengenai pengolahan limbah ternak, penyuluhan mengenai bank sampah, dan pembuatan cermin dari serat alam. Dalam melakukan penyuluhan, Bapak Ir. Didi Saidi M.Si yang merupakan salah satu dosen Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta pun turut dihadirkan sebagai narasumber.

Fachdin Ramadhan, selaku ketua pelaksana kegiatan Manajemen Mengabdi 2022 mengaku bahwa dalam pelaksanaan kegiatan di bidang ekonomi, para panitia telah menyesuaikan dengan keadaan desa yang ada. “Di bidang ekonomi kita sesuaikan dengan keadaan desa seperti pemanfaatan SDA yang melimpah yang dapat diolah agar dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar,” ujar Fadin.

Dikatakan Fadin bahwa latar belakang kegiatan Manajemen Mengabdi ini karena Himpunan Mahasiswa Manajemen merasa bahwa pendidikan merupakan kunci pokok keberhasilan pembangunan  bidang, maka upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu ditingkatkan melalui pendidikan dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Selain pendidikan, keadaan ekonomi Indonesia pun sangat mengkhawatirkan di masa pandemi ini. Maka dari itu masyarakat Indonesia perlu mengembangkan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah guna meningkatkan kestabilan ekonomi Indonesia.

“Beberapa alasan tersebut menjadikan kami (Himpunan Mahasiswa Manajemen UPN Veteran Yogyakarta) tergerak untuk menyelenggarakan kegiatan Manajemen Mengabdi berupa penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat serta berperan dalam meningkatkan pendidikan nonformal pada anak-anak,” jelas Fadin.

Ia kemudian melanjutkan, “Manajemen Mengabdi ini juga dilatarbelakangi dengan UU No. 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia pasal 68 yang menyatakan: Bahwa setiap warga negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Yang dimaksudkan ikut serta dalam upaya pembelaan negara yaitu ikut berupaya meningkatkan kecerdasan serta perekonomian guna menghindarkan Indonesia dari kemiskinan dan kemunduran dalam hal pendidikan dengan definisi bela negara yang turut memajukan Indonesia,” paparnya.

Terakhir, ketua pelaksana Manajemen Mengabdi 2022 itu juga turut menyampaikan harapannya. “Harapan kedepannya semoga Manajemen Mengabdi 2023 dapat berjalan kembali, jauh dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Semoga dapat memberikan gebrakan baru untuk desa yang di tuju agar lebih berkembang serta dapat memberikan pengaruh positif di setiap kegiatan yang dilaksanakan,” tutup Fadin.