UPN VETERAN YOGYAKARTA DUKUNG TRANSFORMASI ENERGI LEWAT KERJA SAMA DENGAN SKK MIGAS

  • Senin 14 November 2022 , 02:50
  • Oleh : Dewi
  • 1711
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Indonesia saat ini tengah dalam proses untuk mewujudkan transformasi energi. Ini jadi upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Tak hanya pemerintahan, perguruan tinggi juga didorong ambil bagian dalam transformasi energi itu. Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) mendukung transformasi energi dengan penandatanganan MoU bersama SKK Migas.

"Salah satu unggulan kami di bidang kebumian yang sudah dari hulu ke hilir. Geomatika sampai manajemen bencana. Kita paling lengkap untuk kebumian," kata Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi, Jumat (11/11/2022).

UPNVY sebagai perguruan tinggi negeri mengaku siap mendukung transformasi energi. Salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan UPNVY adalah dengan mengaktifkan kembali sumur tua alias sumur idle.

Sejak tahun 2012, UPNVY telah menginventaris sebanyak 3.200 sumur tua yang tersebar di Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Irhasi berharap, penandatanganan MoU ini bisa segera memiliki realisasi kegiatan.

"Setelah mou kemenangan kecil kita apa, jangan sampai tidak muncul realisasinya," ujarnya.

"Kami siap supoort agenda skk migas untuk transisi energi juga 1 juta barel pada 2030, yang dibarengi dengan net zero emission," tegasnya.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengapresiasi kerja sama ini. Senada dengan Irhas, ia berharap MoU ini segera direalisasikan dengan berbagai kerja sama.

"Kita harapkan ini jadi momentum yang lebih punya nilai baik," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Indonesia perlu hati-hati dengan krisis energi. Sehingga perlu ada pelestarian energi.

"UPNVY ini kan salah satu PT yang cukup tua di bidang geologi perminyakan," tuturnya.