UPN VETERAN YOGYAKARTA GANDENG TSU DAN CBSUA DUKUNG MBKM TENTANG PROGRAM TRANSFER KREDIT INTERNASIONAL

  • 17 February 2022 , 03:53 PM
  • Oleh : Dewi
  • 861
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Kantor Urusan Internasional (KUI) UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) berkolaborasi dengan Tomsk State University (TSU) dari Rusia dan Central Bicol State University of Agriculture (CBSUA) dari Filipina mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tentang Program Transfer Kredit Internasional inbound. Pembukaan kegiatan ini digelar secara daring Selasa, 15/02/2022.

Dr. Rukmowati Brotodjojo selaku Ketua Kantor Urusan Internasional UPN "Veteran" Yogyakarta menyatakan Program Transfer Kredit Internasional inbound merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
Program ini untuk memfasilitasi mahasiswa Internasional untuk kuliah di Perguruan Tinggi Dalam Negeri sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di dalam negeri. Tujuannya agar mahasiswa dalam negeri mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional sehingga mempunyai kompetensi global sekaligus sebagai upaya mengantisipasi derasnya persaingan global di berbagai aspek. Program ini juga melatih mahasiswa untuk bekerja sama dengan mahasiswa Internasional dalam pembelajaran yang berbasis kasus (case based learning) dan berbasis proyek (project based learning)

“Saat ini ada sebanyak 44 mahasiswa dari universitas luar negeri yang belajar di Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta . 34 mahasiswa dari Central Bicol State University of Agriculture Filipina dan 10 mahasiswa dari Tomsk State University Rusia. terang Rukmo.

Dalam pembukaan perkuliahan secara daring Dr. Antik Suprihatin selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaikan program ini dapat memberikan pengetahuan, mendorong diskusi, dan pertukaran informasi tentang pertanian pada umumnya dan perlindungan tanaman khususnya. Kuliah ini akan memberikan tidak hanya pengetahuan penting, tetapi juga kesempatan besar untuk berbagi pengalaman.

Dalam progam ini terdapat beberapa kelas yang ditawarkan dengan berbagai mata kuliah pilihan. Mulai dari Dasar Perlindungan Tanaman, Ekologi Populasi Serangga, Bahasa Inggris untuk Pertanian, hingga Hama dan penyakit tanaman tahunan berikut pengelolaannya. Kelas ini akan diisi oleh pengajar berpengalaman, yakni Dr. Rukmowati Brotodjojo Dr. Mofit Eko Poerwanto dan Danar Wicaksono, M.Sc. yang tergabung dalam tim dosen,” jelas Antik

Pada kesempatan ini, Antik juga turut menyampaikan harapannya. “Saya berharap semua orang akan mengikuti kuliah ini dengan serius dan menikmati kuliah ini dan juga memiliki kesehatan dan kesuksesan yang baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui pembukaan kuliah daring ini dihadiri oleh mahasiswa serta pejabat terkait dari masing-masing universitas. TSU diwakili oleh Prof. Artyom Rykun selaku Vice Rector for International Affairs. CBSUA diwakili oleh Prof. Cesar Armando S. Camba Sr. selaku Vice President for Business and External Affairs. Sedangkan UPN “Veteran” Yogyakarta, diwakili oleh Dr. Antik Suprihanti selaku Wadek Akademik Fakultas Pertanian.

 

 

Previous Next