UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GELAR SOSIALISASI PKM 2022

  • Senin 14 Maret 2022 , 03:07
  • Oleh : Dewi
  • 2133
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Interdisciplinary Scientific Research (ISR) UPN "Veteran" Yogyakarta adakan kegiatan Sosialisasi PKM 2022 pada Jumat (11/03/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan Dr. Med. dr. Indwiani Astuti, dosen di Universitas Gadjah Mada. Selain itu, kegiatan ini juga dapat diikuti seluruh mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta secara gratis.

Salah satu perwakilan panitia acara, Nanang Dwi Cahyono Aji, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya kegiatan Sosialisasi PKM 2022 adalah untuk mengenalkan apa itu Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan apa itu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) kepada Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.  “Menurut pandangan saya pribadi, minat mahasiswa UPNVY masih cenderung kecil terhadap PKM. Harapannya dengan mengadakan sosialisasi semacam ini, Mahasiswa menjadi lebih berminat dan mau untuk mengikuti program PKM ini,” paparnya.

Nanang juga menyinggung mengenai pembicara yang dihadirkan dalam kegiatan Sosialisasi PKM 2022 ini. Pembicara pada sosialisasi tersebut adalah Dr. Med. dr. Indwiani Astuti yang memiliki trek record cemerlang di bidang PKM. “Beliau adalah koordonator PKM 2020 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Beliau juga menjadi Tim Reviewer Inti PKM KEMENRISTEKDIKTI di tahun yang sama, dan juga menjadi penanggung jawab PKM Tahun 2021. Serta masih banyak lagi trek record beliau yang belum saya sebutkan,” jelas Nanang.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Dr. Med. dr. Indwiani Astuti memaparkan mengenai tiga hal pokok yang perlu diasah mahasiswa untuk meningkatkan minat dan bakat. Tiga hal itu adalah pikiran, perasaan dan ketrampilan. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai perbedaan pada setiap bidang PKM dan format proposal PKM secara umum dan teknis. Disinggung juga mengenai perbedaan pemberian anggaran dana pada setiap bidang-bidang PKM.

Pada akhir wawancara, Nanang menyampaikan harapannya supaya PKM lebih banyak diketahui oleh mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta. Selain itu, ia juga berharap input proposal PKM di internal kampus semakin meningkat setelah diadakannya acara sosialisasi tersebut.