UPN VETERAN YOGYAKARTA HIMBAU SELURUH MABA IKUTI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

  • Senin 14 Maret 2022 , 02:49
  • Oleh : Dewi
  • 1846
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) mendorong dan mengajak seluruh mahasiswanya untuk dapat berpatisipasi pada program PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) tahun 2022.

Dr. Ir. Singgih Saptono, MT. selaku Wakil Rektor Bidang KKSP (Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Perencanaan) UPNVY menuturkan, PKM diselenggarakan rutin setiap tahunnya oleh Ditjen Belmawa Kemendikbudristek RI (Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia).

"Untuk periode tahun 2022, UPNVY sudah menerima surat pemberitahuan Dirjen Belmawa pada tanggal 4 Maret 2022 tentang PKM," ujarnya di Gedung Rektorat Kampus Bela Negara UPNVY di Jalan Padjajaran (Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Senin (7/3/2022).

Singgih menyampaikan, Ditjen Belmawa Kemendikbudristek RI menyelenggarakan PKM Tahun 2022 dengan beberapa ketentuan yang harus dicermati dan diperhatikan betul oleh mahasiswa yang akan mengajukan proposal PKM.

Pertama, peserta adalah mahasiswa aktif dan terdaftar pada PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi)

Kedua, proposal disampaikan secara kelompok 3 sampai dengan 5 orang mahasiswa per kelompok.

Ketiga, seorang mahasiswa dapat bergabung lebih dari 2 tim pengusul tetapi hanya dapat terlibat dalam 2 judul yang didanai (Sebagai Ketua dan Anggota atau Keduanya sebagai anggota) di semua jenis PKM.

Keempat, seorang dosen dapat mendampingi maksimal 1O tim.

Dan kelima, proposal diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2022 pukul 23.59 WIB.

"Mohon diperhatikan hal-hal tersebut, selaku Pembina Bidang Kemahasiswaan di UPNVY, saya mengharapkan agar seluruh mahasiswa angkatan 2021 di semua fakultas diwajibkan untuk membuat Proposal PKM sesuai dengan Ketentuan yang berlaku tersebut," ungkapnya.

Singgih menjelaskan, PKM bertujuan untuk mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi.

Sehingga, menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila dan Bela Negara yang kuat.

"PKM juga memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual," imbuhnya.