UPN “Veteran” Yogyakarta Gelar Ujian Mandiri Potensi Skolastik Dan Literasi Berbasis CBT

  • Selasa 25 Juni 2024 , 01:51
  • Oleh : Dewi
  • 1738
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman, 25 Juni 2024 - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) melaksanakan ujian Seleksi Mandiri skema Potensi Skolastik dan Literasi (PSL) berbasis Computer Base Test (CBT). Sebanyak 5.750 calon mahasiswa telah mendaftar dan memenuhi persyaratan ujian.

UPN “Veteran” Yogyakarta telah mempersiapkan 11 ruang ujian untuk menunjang kelancaran ujian mandiri. Dilaksanakan sebanyak 4 sesi, peserta hari pertama sebanyak 1.060 calon mahasiswa dengan waktu 90 menit setiap sesinya.

Ujian mandiri PSL berbasis CBT dilaksanakan dari tanggal 25 Juni hingga 29 Juni mendatang. Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), Drs. Purwiyanta, M.Si menyampaikan bahwa UPNVY berkomitmen untuk menyelenggarakan ujian mandiri sebaik-baiknya dengan menyediakan fasilitas terbaik. “Untuk ujian PSL ini kami telah menyediakan 11 ruangan laboratorium komputer, setiap ruangan nantinya berisi 20 sampai 25 peserta agar bisa mengerjakan dengan tenang dan tetap terjaga fokusnya,” ujarnya, Selasa (25//2024)

Purwiyanta juga berpesan kepada peserta ujian untuk mempersiapkan diri secara maksimal dan mengikuti ujian dengan jujur. “Semoga dengan fasilitas kami, peserta dapat mengikuti ujian dengan baik dan mendapat hasil yang maksimal,” harapnya.

Sementara itu, dalam mengantisipasi tindakan kecurangan UPNVY telah mempersiapkan ruangan yang disesuaikan untuk peserta mandiri dengan pengawas di setiap ruangannya. Peserta dalam satu ruang ujian dibatasi tidak hanya untuk menjaga ketenangan melainkan juga antisipasi kecurangan. Selain itu, langkah lain untuk antisipasi kecurangan dengan melakukan screening ketat dan body checking peserta sebelum memasuki ruangan ujian.

“Untuk antisipasi kecurangan, setiap ruangan kami sediakan pengawas dan hanya diisi 25 peserta. Selain itu juga body checking sebelum masuk agar dapat mencegah tindak kecurangan untuk ujian ini,” ujar Ketua PMB.

Sekedar informasi, ujian mandiri PSL berbasis CBT di UPN “Veteran” Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 29 Juni 2024.  Dilaksanakan di Kampus II Babarsari, UPN menyediakan 11 ruangan dengan fasilitas komputer untuk 20 sampai 25 peserta setiap ruangannya. Dengan jumlah peserta yang mengikuti ujian sebanyak 4.605 calon mahasiswa baru.