UPN “VETERAN” YOGYAKARTA GELAR WEBINAR KEWIRAUSAHAAN UNTUK GEN Z

  • 25 October 2021 , 02:35 PM
  • Oleh : Dewi Sukarelawati
  • 636
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN—Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASISFO) mengadakan webinar kewirausahaan bertajuk “Techness Talk 2021: Character Building: Gen Z Become an Entrepreneur” pada Minggu (24/10/21). Webinar diadakan melalui platform Zoom Meeting dengan menghadirkan Egar Putra Bahtera, CEO Chevalier Store, sebagai pembicara.

 

Dr. Herlina Jayadianti ST.MT Kaprodi Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Yogyakarta menyampaiakan bahwa  tujuan dari acara ini adalah untuk membantu menumbuhkan semangat enterpreneurship generasi muda terkhusus mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta.

 

Ia menambahkan  webinar kewirausahaan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung Indikator Kinerja Universitas (IKU). “IKU pertama dicatat, mahasiswa lulus harus dapat gaji di atas UMR atau menjadi wirausahawan. Technopreneur itu masuk ke dalam IKU pertama,” jelas Herliana.

Syah Rizal Almedifa selaku ketua panitia dari  webinar Techness Talk 2021 mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya acara tersebut.

 

“Kunci agar kesulitan dalam memulai bisnis tidak menjadi sebuah beban, adalah dengan cara bersyukur,” terang  Egar Putra Bahtera selaku pembicara.

 

“Masalah jangan dianggap masalah, tapi anggap sebagai tantangan,” tuturnya dalam paparannya. Ia lalu membagikan 5 tips dalam memulai bisnis, yakni dengan mencari inspirasi bisnis dari apa yang disukai, melakukan riset pada target pembeli, memanfaatkan orang terdekat untuk menjadi pelanggan pertama, belajar menyusun presentasi yang menarik, dan yang terakhir adalah berserah diri dan percaya pada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Egar juga menyinggung mengenai adanya pandemi Covid-19 yang bagi beberapa orang dianggap sebagai penghambat untuk memulai bisnis. Egar menegaskan untuk jangan menunggu pandemi usai, tetapi harus beradaptasi. Karena menurutnya, setelah pandemi usai, belum tentu tatanan masyarakat akan berubah kembali seperti sebelum pandemi. Pada akhir paparan, Egar menyimpulkan bahwa untuk sukses seseorang perlu melakukan tiga hal, yakni kerja keras, smart dan sedeka.

 

 

Previous Next