UPN Veteran” Yogyakarta Gelar Wisuda Periode ke-1 TA 2013/2014

  • Kamis 31 Oktober 2013 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi
  • 1350
UPN VETERAN Yogyakarta

UPN “Veteran” Yogyakarta menggelar upacara wisuda periode ke-1 TA 2013/2014 di Auditorium kampus Condongcatur, Sabtu 19 Oktober 2013. Dalam acara wisuda kali ini  dihadiri oleh Sekjen YKPP Bapak Mayjen MulhimAsrof, Para Anggota Senat Umiversitas, Para Dekan, Para Ka Prodi dan para orang tua wisawan dan wisudawati.

Acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode ke-1 TA 2013/2014 UPN ‘Veteran’ Yogykarta berlangsung di auditorium kampus setempat, Sabtu (19/10) diikuti 840 wisudawan. Seperti biasanya, UPN Yogya juga memberikan penghargaan karya cendekia bagi lulusan cumlaude dan berprestasi. Perhargaan karya cendekia diberikan kepada 13 orang dari masing-masing program studi.

Rektor UPN ‘Veteran’ Yogyakarta Prof Dr H Didit Welly Udjianto MS menjelaskan, jumlah lulusan Pascasarjana 38 orang dan Program Sarjana 802 orang. Dari total 840 lulusan, 103 orang lulus dengan predikat cumlaude, sedang IPK tertinggi (4.00).

Dijelaskan, banyak prestasi diraih mahasiswa UPN Yogya. Antara lain  Mahasiswa Prodi Teknik Geofisika menjadi juara umum pada Indonesia Under Graduate Competition 2013, yaitu meraih juara I dalam dalam Geophisical Data Interpretation dan juara I dalam survey Design, serta juara II pada Geophisic intellectual and festival.. Prestasi Prodi Ilmu Hubungan Internasional yaitu mendapatkan hibah perintisan  Joint Degree dari Dikti. Nungki Alambara mahasiswa prodi Agribisnis menjadi juara III mahasiswa berpretasi sejkaligus mahasiswa teladan UPN “veteran” Yogyakarta tahun 2013“Serta masih banyak lagi prestasi tingkat Internasional maupun Nasional yang ditorehkan mahasiswa UPN ‘Veteran’ Yogyakarta,” terangnya.

Rektorberpesan kepada seluruh wisudawan agar tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan almamater. “Saya berharap, seluruh wisudawan dapat memanfaatkan ilmu sebagai bekal dalam membangun bangsa dan negara Indonesia secara cerdas,keras dan ikhlas dilandasi jiwa disiplin, kejuangan dan kreativitas,” harapnya.

Sekretaris Jenderal YKPP Mayjen TNI (Purn) Mulhim Asrof. dalam sambutannya mengatakan bahwa  UPN “Veteran” Yogyakarta  merupakan kawah candra dimuka bagi generasi  muda untuk dididik  menjadi generasi penerus   bangsa ytang memiliki jiwa  patriotisme dan nasionalisme yang dilandasi dengan jiwa kejuangan yang tinggi .

Selanjutnya Sekjen YKPP  mengatakan bahwa  tanpa ilmu hidup tidak mungkin dapat dilaksanakan dengan mudah, tetapi dengan ilmu hidup menjadi lebih mudah, demikian halnya dengan seni dan agama dalam kehidupan. Dengan seni hidup akan menjadi lebih indah dan dengan agama hidup akan lebih bermakna, untuk itu  agar para  wisudawan dapat menjalani hidup dengan   ilmu, seni dan agama.

“ Dengan diwisudanya sudara  pada pagi hari ini, perlu saya tekankan kembali bahwa wisuda bukanlah akhir dari cita-cita saudara. Melainkan awal  dari perjuangan panjang  dalam meraih kehidupan  yang dicita-citakan. Manfaatkan ilmu pengetahuan yang telah kalian peroleh, untuk mengabdikan diri  kepada masyarakat “ kata  Bambang Pranowo.

Selanjutnya Sekjen YKPP berpesan agar para wisudawan  jangan sekali-kali menggurui masyarakat  tetapi hendaklah mencari ilmu  sejati dari masyarakat , karena masyarakat adalah ibu dari  ilmu pengetahuan  yakan  didapatkan dalam menjali kehidupan nantinya. .

Previous Next