UPN “VETERAN” YOGYAKARTA INISIASI KERJA SAMA DENGAN OXFORD UNIVERSITY

  • Senin 12 Desember 2022 , 02:49 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1885
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman - UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNVY) menginisiasi kerja sama dengan Oxford University. Kerja sama ini khususnya menyasar program yang ada di Fakultas Pertanian UPNVY.

Inisiasi kerja sama dibuka dengan kunjungan Kepala Unit Pelaksana Teknis Bahasa dan Kantor Urusan Internasional, Dr. Ir. R.R. Rukmowati Brotodjojo, M.Agr ke Oxford University, United Kingdom. Serangkaian pertemuan yang salah satunya dengan Prof. Owen Lewis ini berlangsung 8-18 November 2022.

Rukmowati berkesempatan mengenalkan Laboratorium Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, UPNVY  pada Owen. Adapula diskusi tentang kegiatan penelitian di pertemuan Community Ecology Laboratorium Oxford University.

“Kami juga membahas potensi-potensi kerja sama yang bisa UPNVY dan Oxford University lakukan ke depannya. Kerja sama ini rencananya di bidang penelitian dan publikasi. Senang bisa berkesempatan bertemu dengan Prof. Owen Lewis, salah satu ilmuwan terkemuka di bidang Community Ecology, dengan sitasi pada publikasi lebih dari 11 ribu,” kata Rukmowati.

Ke depan, tamu atau mahasiswa-mahasiswi UPNVY dan Oxford University bisa mengadakan riset bersama dengan berbagai sistem pendanaan, termasuk pengumpulan dana oleh masing-masing pihak. Penelitian bersama ini langkah positif dalam rangka pengembangan kualitas pendidikan serta transfer ilmu dari masing-masing keahlian.

“Kami juga akan mengundang mahasiswa-mahasiswi Community Ecology Laboratorium, Oxford University untuk mengunjungi hutan di sekitar DIY untuk studi lapangan. Begitu pun sebaliknya, tidak menutup kemungkinan dosen serta mahasiswa dan mahasiswi UPNVY  berkunjung ke Oxford University,” katanya.

Inisiasi kerja sama antara UPNVY  dan Oxford University merupakan upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan menambah mitra universitas  yang masuk dalam ranking QS 100. Hubungan simbiosis mutualisme ini juga memberikan kesempatan aktivitas internasional yang lebih luas bagi dosen UPNVY.

Di samping itu, upaya tersebut sebagai bentuk dukungan atas keberlangsungan program internasionalisasi di UPNVY secara umum, dan Fakultas Pertanian pada khususnya untuk semakin meningkat intensitasnya.

Previous Next