UPN “Veteran” Yogyakarta Kembangkan Bioetanol dari sorgum

  • Senin 16 November 2015 , 12:00 AM
  • Oleh : Ritta Humas
  • 862
UPN VETERAN Yogyakarta

Kebutuhan energy terus meningkat sejalan dengan pekembangan jumlah penduduk. Ketergantungan dunia pada sumber energy fosil  masih sangat tinggi sedangkan  cadangan energy semakin menipis. Salah satu usaha yang dapat ditempuh  untuk memenuhi kebutuhan energy adalah  dengan mengembangkan sumber energy terbarukan seperti bioenergy yang berasal dari tanaman Atas dasar tersebut maka UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) tengah  mengembangkan bahan bakar bioethanol dari bahan dasar batang shorgum. Pengembangan bahan bakar alternative pengganti bensin ini  merupakan hasil kerjasama  dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Shorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan  sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industry. “ Sejauh ini kami berhasil mengembangkan bioetanol dengan memproses batang pohon shorgum manis. Bioetanol yang kami hasilkanpu sudah kami ujicobakan pada mesin penggiling dan hasilnya  mesin tersebut dapat berjalan tanpa masalah ,” Kata Darban Haryanto, SP. MP . Ketua tim peneliti.

            “Proses dari batang  sorgum manis sampai menghasilkan bioethanol memakan waktu seminggu. Tetapi bioethanol yang dihasilkan  belum maksimal . Batang sorghum diolah  untuk diambil niranya. Nira batang sorgum itulah yang nantinya  difermentasi dan mendapat perlakuan destilasi hingga akhirnya menghasilkan  bioethanol sebagai pengganti bensin.

Previous Next