UPN “VETERAN” YOGYAKARTA KUKUHKAN GURU BESAR FAKULTAS PERTANIAN

  • 23 December 2021 , 04:11 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1187
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman – UPN “Veteran” Yogyakarta mengukuhkan Prof. Dr. Ir. M, Nurcholis M.Agr sebagai Guru Besar dalam Bidang Ilmu Tanah Fakultas Pertanian. Acara ini dilangsungkan dalam Sidang Terbuka Senat yang berlangsung pada Jumat, (17/12/2021) lalu.

 

Acara dimulai dengan pembacaan surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi oleh Koordinator Bagian Kepegawaian. Dilanjutkan dengan pemutaran video dan pembacaan biografi.

 

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Ir. M, Nurcholis M.Agr juga menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul Sumbangan Difraksi Sinar X dalam Memahami Sifat Mineralogi Tanah dan Batuan. “Tanah hampir menempati semua permukaan darat. Sebagian besar tanah berkembang dari bahan mineral, yaitu sekitar 98%. Penempatan sinar X dalam analisis mineral mulai saya pelajari saat belajar di Jepang,”

 

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Senat UPN “Veteran” Yogyakarta. “Saya percaya bahwa Prof. Dr. Ir. M, Nurcholis M.Agr akan mamu menjalankan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab seorang guru besar dalam rangka mewujudkan visi dan misi UPN “Veteran” Yogyakarta,” ungkap Ketua Senat yang dilanjutkan dengan pengalungan sampir.

 

Pada acara ini, Irhas Effendi selaku Rektor UPNVY mengatakan bahwa ini adalah pengukuhan Guru Besar yang ke-12. “Pencapaian dan prestasi ini patut kita syukuri sehingga dapat memperkuat posisi UPN “Veteran” Yogyakarta dalam implepentasi sebagai Badan Layanan Umum menuju reputasi nasional maupun internasional,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa acara ini diselenggarakan secara hybrid. Kegiatan secara luring di gelar di Auditorium UPNVY dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sedangkan secara daring dapat dilihat melalui siaran langsung di akun YouTube UPNVY. Selain rangkaian pengukuhan, acara juga diselingi dengan penyanyian lagu-lagu oleh paduan suara mahasiswa sebagai hiburan.

 

Melalui kegiatan ini, Prof. Dr. Ir. M, Nurcholis M.Agr juga turut mengungkapkan harapannya. “Semoga UPN “Veteran” Yogyakarta dapat melahirkan banyak guru besar dalam waktu dekat,” pungkasnya.

 

Previous Next