UPN VETERAN YOGYAKARTA LEPAS KEBERANGKATAN MAHASISWA KKN TEMATIK BENCANA ERUPSI GUNUNG SEMERU

  • 01 February 2022 , 12:26 PM
  • Oleh : Dewi
  • 1079
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_LP2M UPNVY (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta) melepas keberangkatan 30 Mahasiswa Program KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Bencana Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jatim (Jawa Timur), dari Kampus Bela Negara UPNVY di Jalan Padjajaran (Ring Road atau Lingkar Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Senin (26/1/2022).

 

"Pelaksanaan KKN Angkatan ke-77 Tematik  Semeru ini adalah dalam rangka upaya UPNVY mendukung  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tentang program kemanusiaan  dan merespon apa yang menjadi keinginan dari anak-anak mahasiswa untuk berbakti membantu saudara-saudara kita yang mengalami Musibah Bencana Erupsi Gunung Semeru," ujar Dr. Hendro Widjanarko, S.E, M.M. selaku Ketua LP2M UPNVY.

 

Oleh karena itu, kata Hendro, kali ini UPNVY memberangkatkan 30 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 gelombang dengan masing-masing 10 orang.

 

Hendro menyampaikan bahwa untuk bisa mengikuti KKNT Bencana Semeru ini mahasiswa harus melewati tahapan seleksi terlebih dulu.

 

"Ada sekitarnya 63 mahasiswa yang berminat untuk mengikuti Program KKNT Semeru ini," ungkapnya. Kepada mahasiswa yang akan diberangkatkan menuju Lokasi KKNT di Gunung Semeru, Hendro menitipkan pesan untuk senantiasa menjaga nama baik Almamater Kampus Bela Negara UPNVY.

 

Dr. Drs. Susanta, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keungangan UPNVY menuturkan, Kegiatan KKNT Semeru ini merupakan implementasi dari nilai-nilai bela negara Kampus UPNVY.

 

Sebagai Kampus Bela Negara, tentunya mahasiswa UPNVY harus memiliki empati, kepedulian, dan rasa kemanusiaan yang besar untuk mendharmabaktikan ilmu yang dimiliki bagi masyarakat dan negara.

 

"KKNT Semeru ini semoga bisa membantu meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa Musibah Bencana Letusan Gunung Semeru," imbuhnya.

 

Selain harus menjaga nama baik almamater, Susanta juga mengingatkan mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan masing-masing sehingga jangan sampai malah menjadi beban di sana.

 

Susanta mendoakan agar Mahasiswa KKNT Semeru kali ini diberikan kekuatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

 

"Sehingga bisa selamat dan lancar mulai dari keberangkatan, pelaksanaan, sampai dengan penarikan kembali," ucapnya.

 

Sementara Kepala Pusat (Kapus) KKN dan TTG UPNVY, Ir. Bambang Sugiarto, MT mengungkapkan selama di lokasi, Mahasiswa KKNT Semeru akan didampingi oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Dr. Eko Teguh Paripurna selaku Ketua Satgas COVID-19 (Satuan Tugas Corona Virus Desease 2019) dan Kaprodi MMB (Ketua Program Studi Magister Manajemen Bencana) UPNVY, dan Arif Rianto Budi Nugroho, ST., M.Si. selaku Wakil Ketua Satgas COVID-19 UPNVY.

 

Untuk dimengerti di lokasi KKN, Dimas Adrianto selaku Perwakilan Gusdurian menerima Mahasiswa Relawan KKNT Semeru dari Dr. Hendro Widjanarko, S.E, M.M. selaku Ketua LP2M UPNVY.

 

Dalam serah Terima Mahasiswa sebagai relawan tersebut, Hendro sekaligus menyerahkan Bantuan Kemanusiaan dari Civitas Akademika UPNVY bagi masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru.

 

Setelah prosesi serah terima dilakukan, Mahasiswa KKNT Semeru segera melakukan diskusi dan berkoordinasi bersama relawan dari PT (Perguruan Tinggi) lain, kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi bersama relawan TNI AD (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat)

 

Previous Next