UPN 'Veteran' Yogyakarta Luluskan 655 Mahasiswa

  • Sabtu 21 Januari 2023 , 11:38 AM
  • Oleh : Dewi
  • 382
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN - UPN 'Veteran' Yogyakarta (UPNV YK) meluluskan 655 mahasiswa dalam Wisuda Periode ke II 2022/2023, dengan rincian 21 wisudawan Diploma (D3), 607 wisudawan Sarjana (S1), dan 27 wisudawan Magister (S2).

Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi S1 diraih oleh dua mahasiswa, yakni Rika Saputri Anggraini program studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Jesica Nikita Rachel BR Ginting Prodi Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) masing-masing 3,98.

IPK tertinggi program Magister diraih oleh M.Zulfa Ulumuddin Alwy, Magister Agribisnis Fakultas Pertanian dengan IPK 3,99. Kemudian wisudawan termuda diraih oleh Gabriel Gonzaga Mika Andries Prodi Teknik Pertambangan.

Rektor UPNV YK, Prof. Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada semua wisudawan. Ada beberapa tantangan yang akan dihadapi wisudawan ke depannya. Dampak negatif Covid-19 disusul perang Rusia-Ukraina sejak Februari 2022 belum berakhir.

Ancaman resesi juga masih menghantui perekonomian tahun ini. Kondisi ini menjadi tantangan bagi mahasiswa yang baru diwisuda.

"Tantangan ini terkait dengan mendapatkan pekerjaan, persaingan yang semakin ketat dan lainnya. Melihat kondisi ini jiwa nasionalisme diuji, tapi saya yakin anda bisa survive dan berkontribusi baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara," papar Rektor dalam  wisuda Periode ke II 2022/2023 di Auditorium UPNV YK, Sabtu (21/1/2023).

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan para wisudawan-wisudawati. Pertama, mampu memegang teguh nilai-nilai bela negara seperti cinta tanah air, sadar berbangsa bernegara, setia kepada Pancasila, hingga rela berkorban.

Kedua, bisa beradaptasi dan berinovasi dengan cara-cara baru serta pantang menyerah. Dua hal ini merupakan nilai-nilai yang selama ini dipelajari dan dipraktekkan di kampus bela negara ini.

"Kehidupan berubah dengan cepat, berbagai tantangan silih berganti, sehingga mau tidak mau harus bersiap menghadapinya. Jangan mudah berpuas diri, harus terus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan," pintanya.

Wisudawan termuda, Gabriel Gonzaga Mika Andries mengatakan dia lulus di usia 21 tahun dengan IPK 3,58. Dia mengaku cukup bangga bisa menyelesaikan studi di UPNV YK meski sedikit terlambat.

"Kedepannya ada rencana untuk melanjutkan ke jenjang Magister, ada keinginan untuk bekerja juga. Saya  merasa cukup bangga bisa menyelesaikan studi di UPN. Saya kuliah angkatan 2018," paparnya.

Previous Next