UPN VETERAN YOGYAKARTA MEWAKILI INDONESIA DALAM AJANG INTERNATIONAL UNDERGROUND MINING CONFERENCE 2021 DI CANADA

  • Jumat 26 Maret 2021 , 03:54
  • Oleh : Dewi
  • 2900
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menjadi moderator pada ajang Konferensi Internasional Pertambangan atau International Underground  Mining Conference 2021 'Developing and Optimising Potential Resources  yang diselenggarakan oleh Association of Indonesian Minning Profesionals atau Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) secara online, dari 24 – 26 Maret 2021.

Dr Ir Singgih Saptono MT selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta  menyatakan  bahwa  pemerintah Canada melihat masih banyak potensi yang belum tergali dari kekayaan Sumber Daya Mineral  (SDM) yang ada di Indonesia. Untuk lebih memaksimalkan potensi SDM  ini, diperlukan suatu sinergi di berbagai lini dalam sektor pertambangan khususnya. Salah satunya adalah transfer of knowledge  dari ahli-ahli atau insinyur pertambangan dari   Canada dan Indonesia.

Singgih Saptono menambahkan, berbagai hal penting secara teknikal dibahas dalam Konferensi Internasional yang berlangsung selama 3 hari itu. Diantaranya aspek finansial, ekonomi, regulasi pemerintah, teknis, maupun dari segi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh industri pertambangan. Para ahli dan praktisi dari perusahaan besar di bidang pertambangan, baik dari dalam maupun luar negeri, saling bertukar pengalaman, seperti dari CEO PT. Bumi Resources Minerals (BRM) Suseno Kramadibrata yang mengungkapkan, bahwa pembahasan tentang sektor pertambangan tidak bisa berdiri sendiri, namun akan selalu terkait dengan sektor-sektor lainnya.

“Saya  merasa terhormat menjadi moderator dalam Konferensi tingkat Internasional, yang sekaligus bisa semakin merekatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Canada ini.  Semoga indikator kinerja utama UPN Veteran Yogyakarta  dapat meningkatkan  dosen UPN Veteran Yogyakarta  untuk membantu masyarakat,” terang Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama./Dewi