UPN Veteran Yogyakarta Raih Empat Medali dalam Ajang Swimming Competition Tingkat Nasional

  • Selasa 22 Agustus 2023 , 02:49
  • Oleh : Dewi
  • 1204
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) berhasil meraih empat medali dalam kejuaraan renang antar mahasiswa tingkat nasional, Gadjah Mada Swimming Competition 2023. Empat medali yang berhasil diraih di antaranya 1 medali emas, 2 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Pembina Renang UPNV YK, Dr.R.Agung Purwandono Saleh mengatakan perlombaan ini digelar pada 19 - 20 Agustus 2023 di Kolam Renang UNY, Karang Malang Sleman. Dia mengatakan dalam event ini ada empat mahasiswa UPNV YK yang ikut berkompetisi. Di antaranya Valeria Paulini Yuwono Prodi Sistem Informasi (SI), Elydia Karensa Prodi Ilmu Komunikasi,Gahara Brahma Dewana Prodi Administrasi Bisnis, dan Nikhy Tara Kayasa Prodi Geologi.

Ia berharap agar para atlet UPNV YK tidak mudah berpuas diri dengan capaian yang telah berhasil diraih. Latihan rutin dan tekun harus tetap dilakukan dengan penuh semangat untuk meraih prestasi-prestasi terbaik lainnya.

"Saya berharap untuk terus berlatih untuk kembali meraih prestasi-prestasi terbaik. Belajarnya harus lebih tekun lagi," ucapnya, Senin (21/8/2023).

Dia menyebut UPNV YK selalu memberikan dukungan kepada mahasiswanya baik di bidang akademik dan non akademik, termasuk dalam kompetisi renang. "Kami bersyukur bisa mendapatkan empat medali untuk UPNV YK. Ini menjadi salah satu bukti bahwa banyak potensi mahasiswa dan mahasiswi berprestasi di UPNV YK."

Mahasiswa peraih medali emas, Elidya Karensa mengatakan kejuaraan renang antar mahasiswa tingkat nasional ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Renang UGM. Dalam kompetisi ini dia mengikuti lima nomor perlombaan, yakni 200 meter gaya dada, 200 meter gaya ganti, 200 meter gaya kupu, 100 meter gaya dada, dan 100 meter gaya kupu.

"Untuk nomor yang berhasil meraih juara yakni 200 meter gaya kupu meraih medali emas, dan 100 meter gaya kupu meraih medali perunggu," papar mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester 3 ini.  

Menurutnya berbagai dukungan baik materiil dan non materiil terus diberikan oleh UPNV YK. Ke depan dia punya target untuk mengikuti berbagai kompetisi lain di antaranya  Kejuaraan Renang Antar Mahasiswa Se-Indonesia (KRAMSI) XI Universitas Hasanudin, Makassar dan akan berupaya untuk kembali merebut emas. Dan juga pada September 2023 akan mengikuti babak kualifikasi PON -XXI Sumatera Selatan Cabang Olahraga (Cabor) renang perairan terbuka di Wisata Bahari Lamongan.

"Berbagai dukungan diberikan oleh pihak UPNV YK, baik dukungan secara materiil dan non materiil. Dukungan diberikan kepada mahasiswa dan mahasiswinya yang mengikuti pertandingan dengan membawa nama baik UPNV YK," jelasnya.

Saat ini, kata Elidya, dia tengah fokus pada renang perairan terbuka. Selain itu, dia juga tergabung dalam kelompok studi mahasiswa dan mengikuti beberapa kepanitiaan event. Ia mengaku sudah bergelut pada dunia renang sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak.