UPN VETERAN YOGYAKARTA RAIH JUARA 1 CABANG LOMBA KEWIRAUSAHAAN AJANG PORSIMNAS WIMAYA 2022

  • Selasa 19 Juli 2022 , 09:16 AM
  • Oleh : Dewi
  • 974
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman_Tim Arunika dari UPN Veteran Yogyakarta berhasil menjadi Juara 1 dalam ajang Porsimnas Wimaya 2022 dalam cabang lomba Kewirausahaan. Informasi tersebut diumumkan secara langsung setelah pelaksanaan lomba pada Kamis (14/07/2022) lalu. Adapun tim tersebut terdiri Meyna Cinta Ratulian, Dhea Salsabila Chairi, dan Aji Surya Wijaya yang ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2020.

Danang Yudhiantoro, SE, M.Si selaku Kepala Bagian UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPT PKK) menyampaikan  Porsimnas Wimaya 2022 ini adalah tonggak sejarah pertama kali menggelar lomba di bidang kewirausahaan.

Danang mengungkapkan, “Harapannya di tahun-tahun ke depannya, lomba kewirausahaan ini bisa terus berjalan, tidak hanya diikuti oleh 3 UPN, tetapi bisa juga mengundang Perguruan Tinggi lain di seluruh Indonesia. Hal itu supaya banyak sharing ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan antar mahasiswa maupun para pendamping dan juri. Sehingga akan tumbuh wirausaha-wirausaha mahasiswa yang mandiri dan tangguh.”

Saat diwawancarai, Cinta selaku ketua tim menjelaskan mengenai gambaran produk yang Tim Arunika ciptakan. “ Tim Arunika membuat Business Modal Canvas atau biasa disebut BMC pada usaha di bidang food and beverage yaitu coffee UPON Coffee and Space,” ungkapnya. Ia kemudian melanjutkan, “Di mana UPON Coffee and Space adalah rebranding dari Grind and Grounded. Bertempat di Pogung, Sleman, DIY di mana tim Arunika membawa berbagai macam inovasi yang menarik pada coffee shop tersebut.”

Dalam perjalanan timnya meraih juara, Cinta mengaku perlu melewati beberapa seleksi terlebih dahulu. “Berawal dari seleksi tingkat universitas dengan 2 dewan juri waktu itu. Kemudian lolos dan mewakili UPN Veteran Yogyakarta untuk bertanding di Porsimnas Wimaya 2022,” ujar ketua Tim Arunika tersebut.

Setelahnya, Cinta juga turut menceritakan mengenai persiapan yang timnya lakukan untuk perlombaan ini. “Untuk mempersiapkan lomba, kami membuat video overview dan BMC untuk dipresentasikan pada 14 Juli 2022 di ruang seminar FEB UPN Veteran Yogyakarta dengan 4 dewan juri. Selain itu, kami juga mempersiapkan produk best seller yang diberikan ke dewan juri untuk mencoba produk coffee shop kami. Di mana perlombaan tersebut memiliki waktu 25 menit per peserta dengan rincian 5 menit persiapan, 7 menit presentasi produk, dan 13 menit sesi tanya jawab.”

Bagi Cinta, ada beberapa tantangan yang harus ia dan tim hadapi selama persiapan hingga pelaksanaan lomba Kewirausahaan pada ajang Porsimnas Wimaya 2022 tersebut. “Hambatan dan tantangan berasal dari kesibukan anggota tim yang berbeda-beda. Sehingga dalam membuat jadwal pertemuan untuk membahas kesiapan lomba perlu effort yang lebih,” tuturnya.

Cinta lalu menambahkan, “Selain itu, juga perlu banyak wawasan dan kreatifitas untuk merangkum informasi yang komprehensif pada usaha kami sehingga pada saat presentasi di perlombaan dapat lebih singkat, padat, dan jelas mengingat waktu presentasi hanya singkat. Kemudian, dalam mempersiapkan porsimnas ini juga membutuhkan banyak riset dan mengaplikasikan disiplin ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah, terutama Penganggaran Bisnis, Manajemen Strategi, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, dan Operasional,” tambahnya.

Cinta mengaku sangat senang ketika dirinya dan tim berhasil dinyatakan sebagai juara 1 dalam perlombaan kewirausahaan ini. “Sangat senang, nggak berekspektasi lebih karena memang usaha dari teman-teman finalis lain mempunyai keunikan dan inovasinya masing-masing.” Jelas Cinta ketika diwawancarai.

Terakhir, Cinta berharap agar ke depannya akan banyak bibit-bibit muda berprestasi di universitas yang mau mencoba, mau bermanfaat, dan belajar banyak hal di luar sana, salah satunya dengan mengikuti berbagai perlombaan.

Cinta juga memberikan harapannya untuk dosen, birokrasi, dan Tim Arunika sendiri, “Harapan lain untuk dosen dan birokrasi dapat banyak memberikan banyak pelatihan bagi mahasiswa yang berminat mengikuti lomba dari awal hingga akhir karena ini menjadi hal penting untuk lebih matang dalam mempersiapkan perlombaan. Dan harapan bagi kami, tim Arunika, semoga dapat lebih banyak berprestasi ke depannya dan mengharumkan nama UPN Veteran Yogyakarta,” tutupnya.

Previous Next