UPN "VETERAN" YOGYAKARTA TERIMA 1.822 MAHASISWA BARU MELALUI JALUR SBMPTN 2021

  • Senin 14 Juni 2021 , 03:32
  • Oleh : Dewi
  • 5729
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN, YOGYAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) mengumumkan nama-nama peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang berhasil diterima menjadi mahasiswa baru di UPNVY untuk tahun akademik 2021/2022, Senin (14/6/2021). Peserta dapat mengecek hasil pengumuman SBMPTN 2021 melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yakni http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. pukul 15.00 WIB.

Dr. Mohamad Irhas Effendi, M.Si. selaku Rektor UPNVY mengucapkan selamat kepada peserta SBMPTN yang berhasil diterima menjadi mahasiswa baru di Kampus UPNVY.

"Mahasiswa baru patut berbangga karena UPNVY adalah kampus yang memiliki jati diri Bela Negara. Sebuah perguruan tinggi yang didirikan oleh para pejuang veteran karena ingin memberikan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan di Indonesia," ujarnya.

Rektor menjelaskan, bahwa pada tahun 2021 ini jumlah pendaftar di UPNVY melalui jalur SBMPTN mencapai sebanyak 26.769 pendaftar. Dengan perincian pendaftar untuk Program Studi (Prodi) Sains dan Teknologi (Saintek) mencapai 13.443, dan pendaftar untuk Prodi Sosial dan Humaniora (Soshum) ada 13.326 pendaftar. Dari jumlah tersebut, hanya 1.822 orang dinyatakan lolos melalui jalur SBMPTN.

"Dilihat dari jumlah pendaftar dan yang diterima, hal ini menunjukkan bahwa kuantitas dan kualitas pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa UPNVY bisa dibilang terus meningkat,” ungkapnya.

Irhas Effendi menegaskan, mahasiswa baru UPNVY harus memiliki jati diri Bela Negara. Selama menempuh studi diharapkan memegang teguh lima prinsip dasar Bela Negara. Yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban, dan memiliki kemampuan awal bela negara. Bela negara yang dimaksud bukanlah mengangkat senjata, tapi adalah pengabdian kepada negara sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Mahasiswa baru UPNVY harus memahami kalimat 'Widya Mwat Yasa' dalam lambang UPNVY yang artinya pengetahuan baru bermanfaat jika disumbangkan untuk kemajuan bangsa.

Mahasiswa baru wajib mengaplikasikan nilai-nilai bela negara saat menempuh pendidikan, supaya itu menjadi budaya ketika menekuni profesinya kelak. Agar terpatri di sanubari bahwa setiap keluarga besar UPNVY harus menjadi pionir dalam membela NKRI, dan lebih mengutamakan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Sementara itu, Dr. Hendro Wijanarko, MS selaku Penanggung Jawab PMB UPNVY menyampaikan bahwa pada tahun ajaran baru 2021 ini kuota mahasiwa baru (maba) di UPNVY adalah 3.640 maba. Dengan perincian 728 maba diterima melalui jalur SNMPTN, dan 1.822 maba melalui SBMPTN. Kemudian, 1.090 maba diterima melalui jalur Seleksi Mandiri (SM).