UPN VETERAN YOYAKARTA GELAR KEGIATAN PROGRAM MENGAJAR DUKUNG MBKM UNTUK ANAK-ANAK DI GONDOLAYU YOGYAKARTA

  • 21 November 2021 , 11:33 AM
  • Oleh : Dewi
  • 1526
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman—Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Industri (FTI) UPN Veteran Yogyakarta adakan program kerja bernama Rumah Belajar FTI untuk membantu anak-anak memperoleh hak pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 21 November 2021 di Gondolayu Yogyakarta. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tatanan pendidikan di era pandemi yang berubah jadi serba online membuat anak-anak mudah terpengaruh hal-hal negatif dari konten sosial media yang tidak sesuai dengan usianya. Maka dari itu, BEM FTI berinisiatif mempersiapkan generasi penerus bangsa dengan memberikan pada mereka pendidikan yang baik dan layak.

 

Kegiatan Rumah Belajar FTI sendiri terdiri dari dua sesi dalam satu hari. Shania Septika Inayasari selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa sesi pertama diisi dengan kegiatan pendidikan karakter. “Kami biasanya menyuguhkan beberapa short film yang mengedukasi anak-anak kecil, lalu juga ada kegiatan menyanyikan lagu-lagu daerah yang sebelumnya jarang dinyanyikan dan jarang terdengar di sekolah mereka. Selain itu kami juga mengadakan semacam games tentang pahlawan nasional Indonesia untuk melatih kekompakan,” terang Shania.

 

Selain pendidikan karakter, sesi selanjutnya adalah kegiatan pembelajaran akademik. Shania menjelaskan bahwa pada sesi ini mereka mendampingi anak-anak yang memiliki tugas sekolah dan mengalami kesulitan dalam pengerjaan. Namun jika tidak ada tugas dari sekolah, para relawan Rumah Belajar FTI juga menyediakan bank soal supaya anak-anak tetap mendapatkan wawasan dan ilmu tambahan baru di luar sekolah.

 

Di akhir wawancara, Shania mewakili para panitia berharap kegiatan Rumah Belajar FTI ini dapat meningkatkan dan membangkitkan rasa kepedulian dari mahasiswa untuk ikut serta membantu anak-anak di seluruh Indonesia. “Semoga program kerja kegiatan Rumah Belajar FTI ini bisa dilanjutkan oleh pengurus BEM FTI periode selanjutnya dan dapat dijadikan contoh untuk organisasi-organisasi lain di UPN Veteran Yogyakarta,” tutup Shania.

Previous Next