UPNVY Gelar Workshop Pelaksaan dan Peningkatan Kualitas SNMPTN

  • Rabu 24 April 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 971
  • 2 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

Sleman-UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar workshop pelaksanaan dan peningkatan kualitas Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2019. Workshop diselenggarakan di Hotel Grand Quality Yogyakarta, Jumat (18/4).

Workshop ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama seminar dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD). Tujuan diselengarakan workshop ini adalah untuk meningkatkan kualitas penerimaan mahasiswa baru di tahun mendatang. Untuk mencapai tujuan kegiatan workshop ini, menghadirkan pembicara dibidang akademik yaitu Dr. Setya Raharja selaku Ketua Admisi dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta Dr. Irhas Effendi, M.S, selaku pembuka acara dan selaku narasumber acara kegiatan ini mengatakan kegiatan evaluasi ini harus dilakukan karena banyak permasalahan terkait mengenai pelaksanaan SNMPTN, baik di lingkungan UPNVY maupun di PTN lainya.

Rektor menambahkan permasalahannya seperti, kualitas prestasi melalui jalur SNMPTN rendah, hal ini berdampak penurunan  jumlah daya tampung  SNMPTN, yang tadinya 30% saat ini turun hanya 20%. Selain itu berdasarkan data dari PDSS banyak data yang tidak sesuai dengan raport.

“Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Yogyakarta, tahun ini menerima 3.180 kursi, dengan proporsi jalur SNMPTN 20%, SBMPTN 50%, SM 30%. Pendaftar dari jalur SNMPTN tahun ini sebanyak 10.474, sehingga rasio tingkat ketetatan jalur dari jalur SNMPTN pada tahun 2019 sebesar 6%. Program studi dengan tingkat ketetatan tertinggi yaitu prodi tambang dilanjutkan ilmu komunikasi. Humas/Dewi