UPNVY Terima Kunjungan Delegasi Universitas China

  • Senin 11 Maret 2019 , 12:00
  • Oleh : Ritta Humas
  • 1315
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

SLEMAN – UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menerima kunjungan delegasi China University of Mining and Technology (CUMT), Sabtu (9/3). Kunjungan diterima di Ruang Rapat Lt 1 Gedung Rektorat UPNVY ini untuk membahas tindak lanjut kerjasama antara kedua institusi yang pernah ditandatangani pada tahun 2018.

Para delegasi CUMT terdiri dari Wakil Presiden Zhou Guaqing, Direktur Kantor Internasional Zhang Zhenkang, Dekan Pasca Sarjana Zang Dongsheng, Dekan Teknik Kimia dan Teknologi Xie Guangyuan, Prof Zhang Jixiong, Professor Program Studi Pertambangan, dan Direktur One Belt and one Road Initiative Kantor Internasional Zang Yuchuan.

Rektor UPNVY, DR. M. Irhas Effendi yang hadir menerima delegasi mengatakan kolaborasi antara dua institusi berbeda negara sangat diperlukan di era globalisasi.

“Kolaborasi ini akan mendorong pemahaman yang lebih baik bagi orang-orang dari Negara yang telibat. Kolaborasi dengan lembaga pendidikan akan meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.” Kata Irhas.

Hubungan Indonesia dengan Republik Rakyat Cina (RRC), kata Irhas telah dikembangkan menjadi hubungan yang kuat berdasarkan nilai dan kepentingan bersama. Hubungan ini telah berkembang pesat terutama di bidang pendidikan, ekonomi, perdagangan, pertanian dan pariwisata.

“Adanya peluang ekonomi nyata telah membuat kerjasama berjalan dengan baik, menguntungkan dan bekelanjutan. Indonesia kaya akan sumber daya alam dan memiliki sumber tenaga murah dan pasar domestik yang besar, sedangkan ekonomi industri dan modal RRC berkembang pesat dan memiliki keuanggulan teknologi.” Ujar Irhas.

Kolaborasi internasional, lanjut Irhas telah menjadi kebutuhan vital bagi sebuah institusi untuk berkembang dan berhasil. Untuk itu, Irhas berharap kerjasama antara UPNVY dengan CUMT dapat berkembang dan menghasilkan program produktif yang bermanfaat bagi kedua institusi.  

Sementara itu Wakil Presiden CUMT Dr. Zhou Guqing, menjelaskan berbagai program studi yang dimiliki oleh CUMT diantaranya Ilmu Sosial, Bisnis dan Ekonomi, Hukum, Ilmu Komputer, Physical Sciences, Life Science, Seni, Humaniora dan Pendidikan.

Pihaknya juga menyatakan kesediaan menjadi co-host pada International Conference on Earth Science, Mineral and Energy (ICEMINE) tahun 2019.

Konferensi yang sama juga diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Mineral UPNVY pada tahun 2018. Konferensi tersebut dikuti oleh 95 presenter dan 80 non presenter. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Laboratorium Bahasa UPNVY DR. Rukmowati Brotodjojo, M.Agr menjelaskan sebanyak enam mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan UPNVY telah mengikuti Summer Course pada tahun 2018.

“Pada kesempatan ini kami ingin meminta CUMT menjadi speaker dan steering commitee pada penyelenggaraan konferensi internasional.” Kata Rukmo. 

Dalam pertemuan tersebut dibahas kemungkinan kolaborasi antara kedua institusi diantaranya pertukaran mahasiswa terutama untuk program Master, kunjungan mahasiswa, Pertukaran Dosen  , join degree untuk Program studi Teknik Geologi dan Teknik Pertambangan, short course for student , Summer Course, Training for LecturesIntership,  penelitian bersama dan publikasi.

Selain itu dilakukan pembahasan tentang persiapan teknis penyelenggaraan ICEMINE tahun 2019 ini. (rita/humas)