Workshop Bantuan Fasilitasi Kerjasama Internasional

  • 18 October 2013 , 12:00 AM
  • Oleh : Dewi
  • 970
UPN VETERAN Yogyakarta

Perkembangan  globalisasi yang ditandai denganmeningkatnya mobilitas sumberdaya manusia dan semakin cepatnya  perubahan social budaya  telah menjadikan tantangan tersendiri  bagi lembaga pendidkan tinggi, tidak terkecuali UPN “Veteran” Yogakarta . Di era global ini UPN Veteran Yogyakarta dituntut untuk dapat  memberikan layanan kepada masyarakat yang memenuhi standard nasional pendidikan.  Untuk keperluian tersebut telah digelar workshop  bantuan fasilitasi kerjasama Internasional bertempat di ruang  Jenderal Sudirman  (laboratorium Internasional FISIP)  jumat 4 Oktober 2013.

Dalam sambutannya Warek I  Prof. Dr. Sari Bahagiarti K, M.Sc mengatakan bahwa Dalam merespon  persaingan dunia yang semakin ketat UPN “Veteran” Yogyakarta telah memiliki jaringan kerjasama dan MoU dengan sejumlah perguruan tinggi maupun lembaga  pendidikan di luar negeri yang jumlahnya semakin  meningkat  dari tahun ke tahun  . UPNVY sampai tahun 2013 telah merintis  kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di wilayah Asia ( Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, Filipina ,  dan Thailand), Eropa(Republik Ceko) dan Amerika Serikat selanjutnya kerjasama tersebut akan ditingkatkan  dengan berbagai intitusi di Negara Australia, Selandia Baru serta kawasan lainnya.

Salah satu  program studi yang secara aktif telah mempersiapkan program joint degree  adalah prodi Hubungan Internasional FISIP dengan Departemen of Asean Studies, Metropolitan University Of Prague, Republic Ceko. Upaya membangun trust selama ini telah direalisasikan  dengan pengiriman mahasiswa secara kontinyu sejak tahun akademik 2009/2010 sampai sekarang. Setiap semester genap prodi  Ilmu Hubungan Internasional  mengirimkan satu orang  mahasiswa untuk kuliah di MUP. Sementara itu dari MUP Republik Ceko  mengirimkan mahasiswanya mulai pada semester ganjil tahun 2010/2011.

Berkaitan dengan rintisan  program joint degree tersebut, maka perlu disusun seperangkat peraturan kebijakan dan tata administrasi untuk mendukung pelaksanaannya. Penyiapan kebijakan dan dokumen tesebut didanai  oleh hibah  bantuan fasilitasi kerjasama internasional (BFKSI) dari DirjenDikti dengan nara sumber Prof. Dr Suminar  Setiati Achmadi. Oleh karena itu dengan adanya workshop  kali ini diharapkan akan dapat memperlancar proses penyiapan program joint degree yang dilakukan oleh Prodi HI FISIP dengan Departement Of Asien Studies, Metropolitan  university Of Prague, Republik Ceko. Selain itu kebijakan dan dokumen yang dihasilkan  juga dapat dimanfaatkan oleh prodi lain yang juga berniat membuka program joint  Degree.

Previous Next