210 Mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta Mengikuti Pelatihan Bela Negara di Markas Grup 2 Kopassus

  • Selasa 06 Agustus 2024 , 05:12
  • Oleh : Dewi
  • 1837
  • 3 Menit membaca
UPN VETERAN Yogyakarta

INFOUPNYK – Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNYK) melepas sebanyak 210 mahasiswa yang akan bertugas menjadi pendamping atau kakak asuh mahasiswa baru untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan Bela Negara di Markas Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pelatihan Bela Negara bagi kakak asuh ini, menandai dimulainya rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) 2024 UPNYK.

Rektor UPNYK Mohamad Irhas Effendi mengatakan, UPNYK merupakan Kampus Bela Negara sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2014, sehingga pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan kampus harus berlandaskan nilai-nilai Bela Negara. Oleh sebab itu, maka masa orientasi mahasiwa baru di UPNYK dikenal sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN), yang berbeda dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya.

PKKBN Tahun 2024 mengambil tema “Menjadi Generasi Unggul dengan Semangat Patriotisme Dan Keilmuan Untuk Menyongsong Indonesia Emas”.

“Dalam rangka menegaskan nilai-nilai Bela Negara, maka tujuan dari PKKBN tidak saja menyadarkan, tetapi kami akan upayakan lebih jauh yakni memahamkan dan memperkuat proses internalisasi nilai-nilai Bela Negara, sehingga terwujud sikap dan perilaku yang berbasiskan Bela Negara dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Rektor dalam upacara Pelepasan Pendidikan dan Pelatihan Kakak Asuh di Markas Grup 2 Kopassus, Kartasura, Senin (5/8/2024).

Rektor UPNYK melanjutkan, keberadaan kakak asuh sangat penting untuk membina dan mendampingi mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan memahami Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berdasarkan Bela Negara. Karenanya, para kakak asuh harus memiliki bekal yang kuat dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan Bela Negara di Markas Grup 2 Kopassus.

“Persiapan itu antara lain menyegarkan kembali pemahamahan, kesadaran, dan penguatan nilai Bela Negara dari kakak asuh, sehingga kami berharap kakak asuh bisa menjadi panutan bagi para mahasiswa baru dalam mengenal kehidupan Bela Negara di Kampus UPNYK, selain tentunya bermanfaat bagi kakak asuh sendiri untuk menyadarkan dan memahami kembali sikap dan perilaku berbasis Bela Negara,” imbuh Rektor UPNYK.

Pelatihan Bela Negara bagi kakak asuh berlangsung selama dua hari, yakni Senin dan Selasa, 5 dan 6 Agustus 2024 di Markas Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Rektor Bersama dengan para Wakil Rektor dan pimpinan UPNYK, melepas 210 kakak asuh untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di Markas Grup 2 Kopassus, Kartasura.

Komandan Latihan, Letnan satu (Lettu) Puji Haris mengatakan, selama pelatihan Bela Negara, para kakak asuh mendapatkan pelatihan Bela Negara, kedisiplinan, dan pembinaan karakter. Dengan demikian, maka akan lahir generasi baru yang memiliki karakter kebangsaan yang kuat dan nilai-nilai Bela Negara.

“Saya berharap dalam pelatihan ini, para kakak asuh yang sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan, bisa menerapkan apa yang telah diterima baik dari kedisiplinan, pembinaan karakter, dan tentunya Bela Negara kepada para mahasiswa baru,” tutur Lettu Puji.

Salah satu kakak asuh, Aktaraposa Farrelansel Rayvenska Anggi mengaku bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan Bela Negara tersebut. Ia berharap semua ilmu yang didapatkannya bisa disampaikan kepada mahasiswa baru UPNYK Tahun 2024.

“Saya merasa bangga dan terhormat bisa mendapatkan pendidikan dan pelatihan di sini, kemudian saya berharap ke depannya agar ilmu, selama Pendidikan dan pelatihan yang kami peroleh di sini dapat kami sampaikan ke mahasiswa baru di PKKBN UPNYK 2024,” ujar Farrel, sapaan akrabnya.

Setelah menerima pendidikan dan pelatihan Bela Negara selama dua hari, sebanyak 210 kakak tiba kembali di Kampus 1 UPNYK, Condongcatur, Yogyakarta pada Selasa, 6 Agustus 2024. Mereka disambut oleh para Wakil Rektor dan pimpinan tinggi UPNYK dengan selamat dan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Penulis: Ulfa

Redaktur: Dewi